Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barat Daya Lawannya Timur Laut

Materi berbagai macam arah mata angin. Arah mata angin perlu diketahui setiap orang agar memudahkan untuk menjelaskan arah dan lokasi suatu tempat. Materi tentang arah mata angin diajarkan saat menginjak bangku sekolah dasar tepatnya kelas 2. Bahkan beberapa orang sudah diajarkan pada pendidikan non formal oleh kedua orang tua mereka sebelum memasuki usia siswa sekolah dasar.
Orang yang tidak mengetahui arah mata angin sering disebut buta arah. Mereka sekumpulan orang-orang yang mengalami permasalahan saat berusaha mencari tau keberadaan lokasi suatu tempat. Akibat tidak bisa menunjukkan arah utara, selatan, barat, dan timur otomatis akan sulit mendeskripsikan lokasi tempat.

Di jaman sekarang yang serba dinamis menuntut orang untuk bisa memiliki mobilitas yang tinggi. Menelusuri beberapa tempat untuk kepentingan tertentu. Pengetahuan tentang arah mata angin merupakan dasar atau bisa dikatakan sebagai basic knowledge.

1. Utara lawannya Selatan

Utara selalu menjadi patokan utama dalam arah mata angin. Biasanya alat penunjuk arah seperti kompas pasti mencantumkan tanda arah utara. Letak suatu daerah digambarkan melalui peta atau denah. Pada denah maupun peta terkadang hanya mencantumkan arah utara saja. Mengapa tidak ada arah mata angin lainnya? Tentu saja karena Utara sudah sebagai petokannya, sedangkan arah yang lain akan menyesuaikan.

Arah Utara berlawanan dengan Arah Selatan. North is opposite of south. Perlawanan arah ini didasarkan atas jarak dari Utara dengan Selatan sekitar 180°. Jadi jika kalian ditanya lawan dari arah utara maka jawabannya adalah arah selatan. Pertanyaan ini biasanya terdapat pada buku teks atau kuis pengetahuan umum.

2. Barat Lawannya Timur

Banyak orang yang bingung membedakan arah barat dan timur ketika diberikan pertanyaan secara spontan. Kadang menunjuk arah barat sebagai timur dan sebaliknya. Mungkin beda halnya dengan utara dan selatan yang mudah dikenali. Biasanya saat kita melihat peta dan denah, maka arah utara selalu diatas sedangkan arah selatan berada di bawah.

Arah Barat berlawanan dengan Arah Timur. West is opposite of east. Belawanan arah artinya posisi bertentangan dengan perbedaan sudut 180°. Jika arah utara berada di sebelah atas dari denah, maka arah Barat ada di sebelah kiri sedangkan arah Timur ada di sebelah barat. Selalu berpatokan dengan arah utara, namun jangan sampai tertukar posisi barat dan timurnya ya

3. Barat Daya Lawannya Timur Laut

Barat Daya adalah arah yang berada diantara arah Barat dan Selatan. Timur Laut adalah arah yang berada diantara arah Timur dengan Utara. Terkadang orang hanya mudah mengingat arah mata angin dasar seperti utara, selatan, barat, dan timur. Meskipun kedua arah mata angin ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari bukan berati kita tidak harus mempelajarinya.

Arah Barat daya berlawanan dengan Arah Timur Laut. Southeast is opposite of northwest. Sekali lagi penentuan berlawanan arah atas dasar perbedaan sebesar 180°. Coba saja kalian lihat pada kompas, maka arah barat daya membelakangi arah timur laut. Pertanyaan ini sering muncul pada pertanyaan bahasa indonesia maupun pertanyaan bahasa inggris.

4. Tenggara Lawannya Barat Laut

Tenggara adalah arah yang berada diantara arah Selatan dan Timur. Barat Laut adalah arah yang berada diantara arah Utara dan Timur. Silakan kalian ingat-ingat kembali dan masukkan ke dalam long term memory agar selalu ingat saat ditanyakan. Jika utara berada diatas, maka otomatis arah yang menyerong di sebelah kiri dan kanan berturut-turut, Timur laut dan Barat Laut. Tambahkan data laut apabila dekat dengan arah utara, begitu trik mengingatnya.

Arah Tenggara berlawanan dengan Arah Barat Laut. Southeast is opposite of Northwest. Tenggara arahnya membelakangi barat laut. Ingat ya jangan sampai mengatakan bahwa barat laut berlawanan dengan timur laut karena sama-sama ada kata lautnya. Itu persepsi yang salah. Yang menentukan arah mata angin berlawanan adalah kedudukannya yang memiliki perbedaan sudut 180° terhadap arah mata angin lainnya.


Silakan kalian pelajari kembali arah mata angin apabila belum hafal. Tentu saja pengetahuan ini penting karena setiap saat dibutuhkan. Terlebih kalian berada dilingkungan baru dengan orang-orang yang belum dikenal. Mereka akan menanyakan asal atau tempat tinggal kalian. Saat berada pada situasi tersebut kalian perlu menggunakan konsep arah mata angin.

Apabila berpergian atau sedang dalam pekerjaan untuk mengunjungi tempat yang sebelumnya belum anda tahu lokasinya, maka penting untuk kalian bertanya. Masyarakat setempat pasti akan memberikan petunjuk dengan menyelipkan istilah-istilah arah mata angin, sehingga mau tidak mau kalian harus berusaha memahaminya.
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali