Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Stek Batang Pada Mawar

Stek merupakan salah satu perkembangan vegetatif buatan pada tumbuhan. Makalah Stek Batang Pada Mawar. Banyak jenis tumbuhan yang dapat berkembangbiak dengan cara stek. Salah satunya adalah singkong. 

Tanaman jenis ini sangat mudah kita jumpai di kebun. Cukup dengan memotong bagian batangnya, kemudian tanjapkan pada tanah. Singkong dapat memperbanyak dirinya.

Bagaimana dengan tanaman Mawar?

Bisa, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama untuk benar-benar muncul akar baru. Proses stek pada mawar lebih sulit dibandingkan dengan singkong. Kalian harus bisa memotong batang mawar dengan posisi yang benar, sehingga tidak menimbulkan kebusukan saat ditanam pada tanah. 

Jika kalian ingin melakukan pratikum tentang stek mawar, maka wajib untuk mengetahui teknis pelaksanannya

Bagaimana Proses Stek Batang Pada Mawar?

Kalian harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti

Alat Bahan
Gunting Tanaman Mawar
Ember Kecil Pot Plastik Kecil

Tanah

Langkah Kerja Stek Batang Pada Mawar
  
No Langkah-langkah
1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2 Memasukkan tanah kedalam pot plastik yang sudah disediakan.
3Memotong bagian batang tanaman mawar hingga tersisa sekitar 15-25 cm , buatlah potong tersebut runcing
4 Menacapkan batang yang sudah dipotong kedalam pot plastik yang sudah berisi tanah, panjang batang ±4 cm masuk ketanah
5 Menyiram hasil stek setiap hari dengan ember kecil yang berisi air murni yaitu dua kali (pagi dan sore) ketika cuaca panas dan sekali (pagi) saat cuaca tidak panas.
6Mencatat perubahan yang terjadi

Teknik Memperoleh Data dan Informasi
  1. Parameter yang diamati meliputi warna batang, daun, letak akar dan pertumbuhan akar yakni panjang akar diukur mulai pangkal akar sampai bagian ujung. 
  2. Analisis perubahan fisik pada tanaman mawar yang distek dilakukan secara bertahap dan berkala ( setiap 7 hari sekali ) agar mendapatkan informasi akurat.
Tempat Pratikum
Praktikum perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara stek (cuttage) dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 22 Mei pukul 17.30 WITA, bertempat di BTN Banyuning Lestari Singaraja, Buleleng. 

Pengamatan terhadap hasil stek pada tumbuhan mawar dilakukan selama 35 hari 
( 22 Mei 2015 – 21 Juni 2015).

Hasil Pratikum
Tabel 0.1 Pengamatan Perubahan Fisik pada Tanaman Mawar yang distek batang
Hasil Stek Batang Pada Mawar
Keterangan : tanda (~) menandakan bahwa pengamatan ada tidaknya akar belum dapat dilakukan karena akar berada didalam tanah.

Makalah Stek Batang Pada Mawar

Pada awal dilakukannya stek, warna batang tumbuhan mawar berwarna hijau ini menandakan bahwa hasil stek masih hidup, daun tidak ada dan akar pun belum tumbuh. 

Pada minggu kedua, warna batang tetap berwarna hijau hal ini juga menandakan bahwa masih ada tanda-tanda kehidupan pada tanaman mawar dan hal ini indikator masih ada asupan gizi pada tumbuhan hasil stek. Biasanya pada minggu kedua ini jika stek gagal maka warna batang mawar dari awalnya hijau menjadi kecokelatan. 

Pada minggu ketiga dan keempat pada hasil stek belum tumbuh daun dan warna batangnya tetap hijau, ini merupakan tanda-tanda bahwa kemungkinan keberhasilan stek tinggi. Jika pada minggu ketiga ini warna batang hitam berarti stek gagal. 

Pada minggu kelima warna batang tetap hijau dan batang bagian bawah yang ditertancap ditanah sudah terdeferensiasi menjadi organ akar. Dengan tumbuhnya akar maka dapat disimpulkan bahwa stek berhasil. Meskipun daun belum ada, karena pertumbuhan daun memang lama kecuali dirangsang dengan hormon pertumbuhan buatan.

Untuk memperoleh lanjutan atau makalah lengkapnya.
Silakan kalian download Makalah Stek Batang Pada Mawar


Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali