Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Bisa Melihat Kunci Jawaban Pada Google Form?

Google form merupakan layanan milik google yang digunakan sebagai alat penilaian atau evaluasi. Layanan tersebut semakin populer semenjak pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar dari rumah. Pendidik dari berbagai jenjang pendidikan, seperti sekolah dasar hingga perguruan tinggi tidak jarang mengaplikasikannya. Kemudahan yang ditawarkan google form, menjadi daya tarik sendiri.

Google Form

Google form memungkinkan pendidik mencantumkan soal dari berbagai tipe seperti pilihan ganda (multiple choice), isian singkat, dan essay. Jawaban pun akan terekam sesuai dengan identitas siswa yang diinputkan pada sistem. Statistik seperti nilai siswa, nomor soal yang salah, prosentase benar atau salah sudah tersedia. Poin pada setiap butir soal bisa diatur sesuai dengan kehendak guru.

Penggunaan google form dapat mengatasi permasalahan human eror. Kemungkinan untuk salah memeriksa jawaban bisa dikatakan mendekati nol. Namun, sayangnya terdapat kekurangannya.pada saat memeriksa jawaban uraian dan essay. Jawaban siswa harus sama persis dengan kunci jawaban yang dibuat. Misalnya kunci jawabannya adalah Metamotfosis, maka jawaban siswa metamorfois akan salah. Alasannya karena kunci jawaban memuat huruf kapital.

Banyak beredar rumor dikalangan siswa tentang trik mengetahui jawaban di google form. Mereka mencarinya di youtube dan website. Jika benar cara tersebut benar, maka mereka akan begitu mudahnya menjawab soal yang diberikan. Soal dengan tingkat kesulitan tinggi pun akan bisa dijawab secara mudah dan benar.

Apakah Bisa Melihat Kunci Jawaban Pada Google Form?

Kita akan mencoba mengeceknya dengan mengikuti langkah-langkah berikut

1. Membuka link soal yang diberikan oleh guru

2. Klik kanan kemudian pilih open view page source

3. Tekan CTRL + F, lalu masukkan cuplikan soal no. 1 dan kemudian tekan enter


4. Selidi kode yang memuat jawaban


Penjelasan:

Kode yang diperoleh termasuk kode JavaScript. Bagi kalian yang seorang programmar atau orang yang bisa koding seharusnya paham struktur kode di atas. Jika dilihat tidak ada karakteristik kode yang berbeda secara signifikan antara soal yang satu dengan yang lainnya.

Hanya terdapat kode pada awal soal seperti 1500258064 pada soal no 1, kode 1547536829 pada soal no 2 dan seterusnya. Pada option jawaban tidak ada yang berbeda. Tidak ada yang diseleksi sebagai kunci jawaban.

Kesimpulannya:

Cara untuk mengetahui kunci jawaban pada google form tidak berlaku lagi. Jika banyak artikel dan video yang membahas cara tersebut tempo hari, bisa jadi itu bisa dilakukan. 

Namun sayang, kemungkinan google melakukan pembaharuan sistem dan layanan sehingga cara tersebut tidak bisa lakukan. Perusahaan besar sekalas google tidak ingin kehilangan para pengguna setianya. Mereka selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik dan membangun komunitas yang baik

Lebih baik lupakan cara tersebut dan mulai dengan cara yang jujur. Jangan buang-buang waktumu, bacalah bukumu. Sekian, semoga bermanfaat

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali