Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Balinya Mama

 Mama bahasa balinya meme atau biang

Penjelasannya:

kata meme dipergunakan untuk menyebut mama atau ibu (perempuan yang melahirkannya) bagi orang Bali yang berkasta sudra. Sudra artinya masyarakat biasa atau non keturanan raja.

kata biang sering dipergunakan oleh masyarakat Bali yang memiliki garis keturunan raja. Dalam tingkatan bahasa Bali, kata biang termasuk dalam bahasa Alus.

Menggunakan kata biang lebih disarankan dalam situasi formal karena memberikan kesan sopan. Jika kita menanyakan siapa nama ibumu maka sebaiknya mengatakan sire pesengan biang ipun? Terlebih jika belum mengetahui latar belakang keluarganya seperti kastanya.

Pada kenyataannya, banyak masyarakat Bali menggunakan kata mamak atau ibu untuk memanggil ibunya. Biasanya fenomena ini terjadi pada masyarakat Bali perantauan. Misalnya keluarga yang asalnya dari Kabupaten Gianyar merantau ke Kota Denpasar atau daerah lainnya.

Pada hari raya Galungan dan Kuningan, semua masyarakat Bali yang merantau kembali ke daerah asalnya. Bertemu dengan sanak saudara di kampung. Akan terdengar keanekaragaman sebutan ibu di tengah-tengah keluarga. Hal ini menjadikan suasana keluarga menjadi berwarna. Sungguh Indahnya keanekaragaman

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali