Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal STS 1 Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Sumatif Tengah Semester atau yang disingkat STS merupakan istilah baru pengganti PTS. STS diberlakukan pada kurikulum merdeka. Soal sumatif tersebut disusun oleh masing-masing guru pada satuan pendidikan. Berbeda dengan soal ulangan atau penilaian tengah semester pada dua kurikulum terdahulu. Guru sudah menerima soal langsung dari Dinas Pendidikan setempat melalui UPT atau Korwil Pendidikan Kecamatan. Soal tersebut bisa disusun oleh KKG atau penunjukkan salah satu guru yang dipandang berkompeten dalam menyusun soal.

Soal sumatif tengah semester dibuat oleh guru pada tiap sekolah dengan rasional bahwa hanya guru yang bersangkutan memahami kemampuan peserta didiknya. Jadi, tingkat kesulitan dan konteks soal akan berbeda antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Mengingat CP (Capaian Pembelajaran) disajikan dalam bentuk fase. Masing-masing fase diberikan waktu 2 tahun. Seperti fase A pada kelas 1 dan 2, fase B pada kelas 3 dan 4, serta fase C kelas 5 dan 6.

Tim diaryguru menyediakan beberapa soal STS, silakan Bapak/Ibu guru unduh dan bisa dilakukan adaptasi. Jika jumlah soal dikira terlalu sedikit, maka silakan dilakukan penambahan sesuai kebutuhan. Soal tersebut bisa dijadikan referensi membuat soal lainnya. Selain itu, soal berikut dapat dijadikan latihan bagi bapak/ibu orang tua siswa dalam mengajarkan anaknya di rumah.

No. Mata Pelajaran Download
1Bahasa Indonesia  Link (belum tersedia) 
2Matematika Link
3IPAS Link
4Bahasa Inggeis Link
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali