Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang wajib pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar. Pada kurikulum pendahulunya, mata pelajaran ini terintegrasi pada mata pelajaran tematik. Materi bahasa indonesia kelas 4 terdiri atas 8 bab yang masing-masing mengembangkan keterampilan berbahasa siswa.

Pada elemen menyimak diharapkan siswa mampu mengingat dan menjelaskan kembali informasi dari teks yang dibacakan, melakukan instruksi lisan dengan baik, menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks yang dibacakan dengan tepat, dan menyimpulkan ide pokok dari teks yang dibacakan.

Pada elemen membaca dan mengamati diharapkan siswa mampu mengucapkan kata-kata panjang dengan benar, mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita, memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis, memahami informasi dari gambar yang diamatinya dan menjelaskannya dengan baik, dan mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung setiap paragraf teks.

Pada elemen berbicara dan mempresentasikan diharapkan siswa mampu menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami, menjelaskan penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian, dan mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain, mempresentasikan sebuah topik yang diminati dengan memperhatikan intonasi untuk menarik minat pendengar, dan menemukan informasi melalui internet yang aman atau sumber lain untuk mendukung presentasi.

Pada elemen menulis diharapkan siswa mampu menuliskan kalimat dengan tanda baca yang tepat sesuai fungsinya, dengan huruf kapital di awal kalimat, menulis dengan struktur argumentasi, deskripsi, atau narasi untuk beragam konteks dan tujuan, menulis dengan struktur awal-tengah-akhir menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menulis daftar pertanyaan untuk mendapatkan informasi dengan beragam konteks dan tujuan.

Strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 4 dapat dilakukan melalui peragaan membaca dan menulis melalui contoh nyata, interaksi siswa dalam membagi ide dan gagasan, kerja mandiri dalam melakukan kegiatan membaca dan menulis, dan bimbingan guru kepada siswa selaam proses membaca dan menulis

Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka

No Latihan Soal Online dan Jawaban
1 Bab 1 Sudah Besar
2 Bab 2 Di Bawah Atap
3 Bab 3 Lihat Sekitar
4 Bab 4 Meliuk dan Menerjang
5 Bab 5 Bertukar atau Membayar
6 Bab 6 Satu Titik
7 Bab 7 Asal-Usul
8 Bab 8 Sehatlah Ragaku
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali