Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pramuka Siaga

Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa usia sekolah dasar. Tujuan pembelajaran pramuka yaitu mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan agar menjadi manusia berkepribadian dam berwatak luhur serta tinggi mental, moral, nudi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

Tingkatan dalam kepramukaan terdiri atas tingkatan pramuka siaga, tingkatan pramuka penggalang, tingkatan pramuka penegak. Ada juga tingkatan khusus yang disebut pramuka garuda yaitu tingkatan tertinggi dalam setiap kelompok umur. Kelompok umur 7-10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga. Tingkatan ini berada pada pendidikan di SD.

Pembina pramuka harus memahami materi-materi kepramukaan sesuai dengan perkembangan siswa usia sekolah dasar. Hal-hal yang bersifat dasar perlu diajarkan seperti singkatan pramuka, simbol pramuka, tujuan kepramukaan, sejarah pramuka, dan lain-lain. Diaryguru.com menyediakan kumpulan materi pramuka siaga. 

Materi ini harus dikemas secara menyenangkan oleh pembina pramuka dengan memberikan quiz pada akhir pembelajaran atau diselingi dengan permainan-permainan mini. Hal ini perlu diperhatikan agar memberikan kesan yang baik kepada peserta didik dan menghindari anggapan bahwa pramuka menjadi ekstrakurikuler yang membosankan.

Materi Pramuka Siaga

No Materi
1 Materi Bagian 1
2 Materi Bagian 2
3 Materi Bagian 3
4 Materi Bagian 4
5 Siaga Bencana
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎