Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formulir Pendaftaran Siswa Baru SD

Setiap tahun diselenggarakan penerimaan siswa baru di sekolah dasar. Persyaratan siswa kelas 1 dari tahun ke tahun jarang mengalami perubahan. Orang tua dapat mendaftarkan anaknya apabila usia anak sudah 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun penerimaan. 

Pada PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), sekolah dasar harus memprioritaskan menerima peserta didik baru yang berusia 7 tahun. Anak yang berusia 5 tahun 6 bulan per tanggal 1 Juli tahun penerimaan dapat mendaftar di SD sebagai kelas 1 apabila memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa, dan kesiapan psikis.

Pelaksanaan PPDB harus diadakan secara adil, akuntabel, dan transparan. Tidak mempermasalahkan suku, ras, dan agama. Beberapa sekolah dasar di wilayah Indonesia, sudah menerapkan sistem seratus persen zonasi. Hal ini juga selaras dengan program pemerintah terkait dengan pemerataan akses dan kualitas pendidikan.

Orang tua siswa harus menyiapkan beberapa berkas pendaftaran anaknya di sekolah dasar. Berkas ini berbeda-beda antara sekolah yang satu dengan yang lainnya. Secara umum, berkas atau dokumen persyaratannya yaitu:
  1. Formulir Pendaftaran
  2. Fotocopy Akta Kelahiran
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Fotocopy KTP Ayah dan Ibu
  5. Fotocopy Ijazah TK (jika ada)
  6. Pasfoto ukuran 3 x 4 (latar merah, seragam SD)
Dokumen pada poin 2 sampai 6 bisa disediakan secara mandiri. Namun, dokumen 1 harus disediakan oleh pihak sekolah. Tim diaryguru menyediakan contoh formulir pendaftaran siswa baru SD yang dapat diadaptasi oleh setiap sekolah. Dapat diganti KOP sekolah dan identitas kepala sekolah.

Setelah selesai mengedit formulir ini. Pihak sekolah dapat memperbanyak sejumlah 2 x dari jumlah siswa kelas 1 tahun sebelumnya. Jangan sampai kekurangan kertas formulir pendaftaran. Silakan download file Formulir Pendaftaran Siswa Baru SD doc.



File yang disediakan dapat dicetak dengan menggunakan ukuran kertas F4, jadi tidak perlu lagi diubah pada bagian page setup Microsoft Word. Jika file ini bermanfaat, silakan share ya.

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎