Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Kemampuan kebahasaan diperoleh peserta didik melalui kegiatan diskusi, permainan, dan kegiatan lainnya yang memungkinkan peserta didik terlibat secara aktif. Peserta didik diharapkan mampu menyimak, berbicara, menulis, serta membaca. Guru harus mampu menciptakan kelas pelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan dan efisien.

Awali kegiatan belajar dengan mengatur posisi duduk siswa. Lalu bekreasilah dan bertumbuh melalui inovasi-inovasi pembelajaran yang bervariasi. Perkayalah metode-metode pembelajaran yang diterapkan di kelas. Sumber-sumber referensi dapat diperoleh di buku maupun internet.

Selama ini pembelajaran di kelas 2, khususnya pada mata pelajaran bahasa lebih berorientasi pada keterampilan membaca dan menulis saja. Buku teks pelajaran yang diperoleh siswa juga terkesan monoton dan kurang menarik. Muncullah kurikulum terbaru bernama kurikulum merdeka. Buku teks Bahasa Indonesia begitu menarik dengan ilustrasi yang menggemaskan. Siswa akan menaruh minat, setidaknya untuk membuka halaman demi halaman buku.

Namun sayang pada buku kurikulum terbaru, entah itu untuk siswa maupun guru tidak memuat latihan-latihan soal. Soal penting sebagai instrumen atau alat ukur. Agar guru dan siswa mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Materi Bahasa Indonesia di kelas 2 terbagi atas 8 bab,  yang memuat berbagai keterampilan berbahasa.

Pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi efektif siswa, mengembangkan kreativitas sekaligus daya kritisnya. Guru harus memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkolaborasi agar dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif. Identitas sebagai warga negara juga perl dikembangkan. 

Soal Bahasa Indonesia Kelas 2 Kurikulum Merdeka

No Latihan Soal Online dan Jawaban
1 Bab 1 Mengenal Perasaan
2 Bab 2 Menjaga Kesehatan
3 Bab 3 Berhati-hati di Mana Saja
4 Bab 4 Keluargaku Unik
5 Bab 5 Berteman dalam Keragaman
6 Bab 6 Bijak Memakai Uang
7 Bab 7 Sayang Lingkungan
8 Bab 8 Hobi yang Menjadi Prestasi
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎