Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang terjadi tanpa harus bertemunya guru dan siswa secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara maya dengan jaringan internet. Faktor keberhasilan dari metode pembelajaran ini tentu adanya komitmen antara guru dan siswa.

Guru harus mampu memanfaatkan teknologi untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh. Siswa harus berusaha dan belajar menggunakan teknologi. Ibarat badan, guru sebagai otaknya sedangkan siswa sebagai kaki dan tangan. Tubuh akan dapat bergerak dengan baik jika kedua komponen yang disebutkan tadi saling mendukung.

Kita tidak boleh hanya memandang pembelajaran jarak jauh sebagai sesuatu yang susah dan merepotkan. Ini memang opsi yang terbaik dari segala opsi apabila tidak memungkinkan guru dan siswa bertatap muka secara langsung. Lebih baik ada pembelajaran tapi kurang sempurna daripada tidak sama sekali.

Memang bagi siswa yang tinggal di daerah, pembelajaran jenis ini menjadi permasalahan yang serius. Ada siswa yang tidak memiliki hp canggih dengan sistem operasi android maupun IOS. Siswa yang memiliki hp serta bisa mengakses internet pun terkadang mengeluh. Mereka sering kehabisan kouta internet untuk belajar.

Alangkah baiknya guru berusaha memberikan pembelajaran dengan memperhatikan keadaan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Media yang sedikit menghabiskan kouta adalah blog. Pada platform ini, guru bisa mencantumkan materi, gambar, dan soal secara online. Template blog yang digunakan pun bisa disetting agar tidak banyak memangkas kouta.

Langkah-langkah membuat Blog sebagai berikut,

1. Kunjungi www.blogger.com

Tampilan Blogger
Tampilan Blogger

Kemudian klik buat blog

2. Masukkan Ponsel atau Email dan Password 

Log in Blogger
Log in Blogger
Jika kalian belum memiliki akun blogger, silakan buat dulu. Jika sudah silakan log in saja

3. Tulis Judul Blog

Judul Blog
Judul Blog


Kalian bebas menentukan nama judul blog. Pilihlah nama yang unik agar mudah diingat oleh peserta didik. Jika sudah tekan berikutnya

4. Menulis URL Blog

Menulis URL Blog
Menulis URL Blog
Tuliskan alamat blog yang kalian inginkan kemudian pilih berikutnya

5. Membuat Postingan

Membuat Postingan
Kalian bisa membuat postingan dengan menekan tombol berbentuk tanda tambah pada pojok kanan bawah. Pada postingan kalian dapat mencantumkan materi maupun soal yang akan di jawab siswa.

Para guru bisa mengeksplorasi berbagai fitur pada blogger. Hanya perlu waktu paling lama seminggu untuk benar-benar memahami blogger. Bisa lebih cepat tergantung dari pribadi setiap orang. Selain menggunakan blogger, kalian bisa menggunakan wordpress. 

Penulis tetap lebih menyarankan menggunakan blogger terlebih dahulu, mengingat lebih mudah dipahami dibandingkan dengan wordpress.

Apabila sudah selesai membuat postingan tentang materi ajar, silakan kalian bagikan kepada peserta didik agar bisa membacanya. 

Template diganti untuk merubah tampilan blog. Semakin sederhana tampilan suatu blog, maka semakin menghemat kouta internet para pengaksesnya. Silakan kalian gunakan kreativitas masing-masing dalam membangun suatu blog.

Kerugian dari penggunaan blog adalah siswa harus log in dulu ke akun google mereka apabila ingin berkomentar atau memberikan feedback terhadap materi ajar. Tapi jangan khawatir, siswa kita pasti memiliki akun google mengingat untuk download aplikasi atau game di playstore memerlukan akun google.

Blog merupakan media yang sangat bagus untuk guru memberikan pembelajaran kepada siswa. Semoga kelak banyak guru yang memiliki personal blog, merangkum materi ajar agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Peserta didik mungkin juga merasa jenuh dengan pembelajaran tatap muka yang selama ini diberikan. Mereka memerlukan suasana pembelajaran yang baru dan tak biasa.

Tidak bisa kita pungkiri, anak usia sekolah dasar saja sudah mahir dalam menggunakan internet untuk keperluan hiburan. Mulai dari menonton video di Youtube hingga bermain game online. Alangkah baiknya guru bisa mengarahkan peserta didik menggunakan internet untuk hal yang lebih bermanfaat seperti pembelajaran.

Menjadi guru yang baik di era sekarang dan di masa mendatang bukanlah perkara yang sulit. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai tentu penerapan IT. Implementasi teknologi dalam pembelajaran dapat menggunakan blog dan media lainnya.

Mari mulai dari ha-hal yang kecil untuk memperoleh sesuatu yang besar, kemajuan bangsa ada di tangan-tangan dingin guru.

Jika semua guru memiliki komitmen yang sama untuk mengembangkan diri terutama menerapkan teknologi agar meningkatkan kualitas pembelajaran, maka niscaya kita akan segera menjadi bangsa besar dan mampu bersaing dengan negara manapun.

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎