Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh RPP Daring 1 Lembar Kelas 4

Contoh RPP Daring 1 Lembar Kelas IV  Kurikulum 2013. Setiap tahun pelajaran baru sudah menjadi kewajiban seorang guru menyiapkan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut dapat dituangkan dalam wujud sebuah RPP. Guru harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti KD yang berlaku, sumber belajar, karakteristik siswa dan kondisi lingkungan siswa dalam merancang RPP.

Semua warga sekolah kini sedang menghadapi situasi yang tidak biasa. Bencana nasional meniadakan segala aktivitas pembelajaran secara tatap muka. Alternatifnya tentu, guru bersama siswa melangsungkan pembelajaran secara daring atau online. Berbagai fitur tersedia untuk menunjang pembelajaran secara daring, sehingga guru dapat berkreasi mengkalaborasikan teknis pembelajaran.

Tentunya kita bersama tidak menghendaki larut dalam situasi bencana nasional. Kita harus selalu optimis dalam menghadapi setiap situasi. Itulah yang harus ditanamkan seorang guru kepada peserta didiknya. Adaptasi harus segera dilakukan bersama-sama. Jangan mudah larut dalam keputusasaan. 

Guru sudah terbiasa menyusun RPP Kurikulum 2013 terkait pembelajaran tata muka di kelas. Kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru berlangsung. Dalam pembelajaran yang sekarang guru dituntut profesional dalam menjalankan kewajibannya. Pembuatan RPP disesuaikan dengan pembelajaran daring yang diberlakukan oleh pemerintah.

Kebijakan menteri terkait penyederhanaan penyusunan RPP membantu guru untuk lebih terfokus pada kualitas pembelajaran di kelas. Semula guru hanya disibukkan dengan pembuatan RPP yang baku dan kaku. Berlembar-lembar RPP sering dibuat guru hanya untuk satu kali pembelajaran. Implementasi pembelajaran juga terkadang jauh dari rencana yang dibuat.

Seolah-olah RPP hanya disusun sebagai pelengkap administrasi. Pengawas sekolah sering mendatangi sekolah naungannya untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap guru. Pertanyaan yang selalu diajukan adalah terkait administrasi pembelajaran. Jika semua sudah ada, maka respon pengawas akan menyenangkan diikuti garis melengkung ke bawah pada raut muka.

RPP dari beberapa dekade terus mengalami perubahan sesuai dengan kurkulum yang berlaku. Esensial dari pembuatannya selalu sama yakni mengarahkan guru pada pembelajaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Pedoman pembuatan RPP biasanya tercantum pada peraturan Menteri Pendidikan. Setiap guru bisa menafsirkan kemudian menyusun RPP dengan mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku.

Pada perkuliahan jurusan keguruan, mahasiswa diajarkan cara membuat RPP yang tepat sesuai PERMEN yang berlaku. Awalnya mahasiswa pasti asing dengan komponen dan prosedur penyusunannya. Berulang kali para dosen melatih mahasiswanya menyusun RPP agar terbiasa. Segala ilmu tentang karakteristik siswa, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling, dan lain-lain diperlukan sebagai acuan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran.

Tidak sedikit memang guru yang mengalami kendala dalam pembuatan RPP. Kemajuan jaman setidaknya memudahkan guru mencari sumber belajar sehingga informasi tentang pembuatan RPP pun bertebaran di internet. Fitur download atau unggah RPP juga sudah tersedia. Guru hanya perlu mengganti beberapa komponen RPP sesuai dengan keadaan di sekolah.

Pembuatan RPP Daring 1 Lembar untuk jenjang sekolah dasar kelas IV tidaklah susah. Berikut ini contoh RPP yang dimaksud
Contoh RPP Daring 1 Lembar Kelas IV
Contoh RPP Daring 1 Lembar Kelas IV 

Penjelasan:
Komponen yang harus ada pada RPP menurut aturan yang berlaku meliputi, pertama tujuan pembelajaran (disesuaikan dengan KD), kedua langkah-langkah pembelajaran ,dan ketiga penilaian terhadap siswa. Komponen lainnya seperti bisa dicantumkan bisa tidak karena hanya sebagai pelengkap saja. Pada contoh RPP komponen utama dicetak tebal (bold) sedangkan komponen pendukung tidak dicetak tebal

Opini dari penulis, kompetensi dasar penting untuk dimuat pada RPP. Alasannya tentu karena tujuan pembelajaran diturunkan dari indikator dan kompetensi dasar, Indikator tidak perlu dibuat karena cukup diwakilkan oleh tujuan pembelajaran. Tentunya kita melaksanakan suatu kegiatan pasti ada tujuannya.

Pembuatan RPP kalian tidak harus sama seperti pada contoh karena kita sudah dibebaskan untuk berkreasi sesuai aturan dari Mendikbud. Bebas tapi harus sesuai dengan pedoman yang berlaku. Kreativitas bisa kita kembangkan dalam menbuat format tabelnya, langkah pembelajaran yang inovatif, dan lain-lain.

Contoh RPP Daring 1 Lembar Kelas IV yang lain masih dalam proses pembuatan. Bagi yang ingin mendapatkan file word (format doc. yang bisa kalian edit) untuk semua tema silakan menunggu. Semua RPP yang penulis buat akan dicantumkan pada web ini.  Kalian harus mengakses web ini secara berkala untuk mengetahui progress pembuatan RPP. Penulis hanya menyediakan RPP Kelas IV saja sesuai dengan kelas yang diampu di sekolah. Jika kalian wali kelas 1, 2, 3, 5, dan 6 silakan kalian buat RPP secara mandiri sesuai dengan contoh yang diberikan tersebut.

Di beberapa web memang menyediakan RPP Daring tapi kebanyakan hanya contoh. Jika kalian ingin mendapatkan semua RPP dari sana, maka kalian harus menghubungi nomor WA yang tertera dan melakukan pembayaran. Lebih baik kalian menyusun RPP sendiri agar isinya sesuai dengan yang diharapkan. Setiap sekolah juga pasti memiliki sumber belajar seperti buku yang berbeda-beda. Ini juga akan mempengaruhi dari isi RPP.

Jangan pernah takut salah dalam membuat RPP. Tidak ada RPP yang benar-benar salah. Hanya RPP yang keliru saja. Setiap orang pasti memiliki penafsiran yang berbeda-beda tentang pedoman pembuatan RPP yang berlaku. Berbeda dengan ilmu pasti seperti pada pelajaran Matematika. Nilai satu ditambah dua selalu tiga. Ilmu ini bersifat universal berlaku di negara manapun tanpa terkecuali

RPP Daring diharapkan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru tidak lagi bingung dengan perlakuan yang harus diberikan kepada siswa. Memang banyak guru-guru diusia yang akan pensiun mengalami kesulitan dalam membuat RPP.

Mereka mengalami kendala dalam mengoperasikan komputer ataupun laptop. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga tidak segesit guru muda. Diharapkan pada masing-masing sekolah para guru saling berbagi dan berkalaborasi. Sekolah akan mampu maju jika warga sekolahnya saling bahu-membahu dalam mewujudkan komitmen bersama. Guru yang hebat adalah guru yang mampu menciptakan perubahan. Perubahan bagi siswanya, rekan sejawat, masyarakat, dan lingkungan hidupnya.

Perubahan terjadi tidak bisa muncul dalam sehari. Perlu suatu proses yang panjang dan berliku-liku. Semua mulai dari langkah yang terkecil menuju kebaikan. Mari bersama-sama memberikan yang terbaik untuk pendidikan di daerah kita masing-masing. Menciptakan pembelajaran yang bermutu dan mampu mencetak peserta didik yang berkualitas. Semua tertera pada RPP yang akan disusun.
Jika hal-hal yang kurang dipahami tentang RPP silakan bertanya, penulis akan berusaha menjawab. 
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali