Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Struktur Organisasi Kelas

Download Contoh Struktur Organisasi Kelas. Pada tahun ajaran baru setiap guru harus menyiapkan sejumlah perangkat pembelajaran. Tentu saja perangkat tersebut untuk memudahkan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di kelas.

Salah satu perangkar pembelajaran yang diperlukan adalah stuktur organisasi kelas. Tentu saja pada setiap kelas terdapat guru wali, ketua kelas, wakil ketua kelas, bendahara, sekretaris hingga anggota.

Organisasi kelas juga di sesuaikan dengan jenjang pendidikan misalnya saja SD dan SMP bendahara dan sekretaris cukup hanya ada satu saja, sedangkan SMA bisa ada dua. Tergantung dari kebijkan masing-masing sekolah. Pelaksanaan pendidikan di sekolah sudah MBS atau manajemen berbasis sekolah.
Struktur organisasi biasanya ditempel di tembok rungan kelas. Setiap anggota kelas bisa melihatnya dan mengetahui kedudukannya masing-masing dalam organisasi kelas.

Kepala sekolah dan pengawas biasanya melakukan kunjungan ke kelas untuk mengamati proses pembelajaran. Mungkin saja mereka akan menanyakan kelengkapan administrasi tidak terkecuali dengan struktur organisasi kelas.

Perangkat pembelajaran pada masing-masing kelas merupakan tanggung jawab dari setiap wali. Kepala sekolah hanya bertugas memantau dan memberikan arahan agar segala perangkat yang diperlukan tersedia.

Struktur organisasi kelas dapat dibuat formal dengan menggunakan microsoft word. Corel draw dan aplikasi lainnya juga dapat digunakan untuk membuat struktur organisasi kelas yang lebih colorful dan menarik. Semua pilihan ada ditangan guru masing-masing dengan mempertimbangkan banyak hal.

Bagan yang disambungan dengan garis hubung merupakan ciri khas tampilan struktur organisasi kelas yang selama ini terpampang jelas pada tiap kelas. Pada bagian terdapat jabatan sekaligus nama yang bersangkutan.

Misalnya saja jabatan wali kelas atas nama Budi Hartanto berada paling atas. Dibawahnya tentu ada ketua kelas, misalnya Ferry Putra Wibawa. Dibawah Ferry ada wakil ketua kelas, Donny Atmaja. Bendahara dan sekretaris sebut saja Diana Putri Ayu dan Denika Swastiningsih berada pada garis yang sejajar dibawah wakil ketua kelas. 

Para anggota kelas berada paling bawah bagan yang bisa diurutkan berdasarkan nomor absen.

Ketika guru kelas berhalangan hadir atau kelas diisi oleh guru lain, maka dengan mudah guru yang bersangkutan akan mengetahui identitas ketua kelas.

Guru dapat menyebutkan nama ketua kelas untuk memperoleh informasi tentang pembelajaran kelas, misalnya saja pelajaran yang sedang berlangsung sekarang. Apabila guru wali tidak bisa hadir maka guru lain akan memberikan tugas melalui ketua kelasnya.

Kalian bisa mendownload contoh draft struktur organisasi kelas disini. File yang akan dapatkan berupa word (doc.) sehingga memungkinkan untuk diedit kembali sesuai dengan keadaan di kelas.


Semoga bermanfaat dan dapat menambah file dokumen administrasi kelas kalian
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali