Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Kurikulum Sekolah Masa Darurat COVID-19

Contoh Kurikulum Sekolah Memuat Pembelajaran Daring 2020 2021 Masa darurat COVID-19. Setiap satuan pendidikan diwajibkan menyusun Kurikulum Sekolah. Penyusunan dilakukan setiap tahun ajaran baru dengan melibatkan semua guru, ketua komite, dan kepala sekolah. Segala aspek harus diperhatikan seperti hasil rapot mutu, program kerja, dan tantangan yang dihadapi
Kurikulum Sekolah dikembangkan berdasarkan keadaaan sekolah bersangkutan. Pada kurikulum tercantum profi sekolah, visi dan misi sekolah, mata pelajaran, pembagian beban belajar dan beban kerja, dan kalender pendidikan.

Sekolah menggunakan Kurikulum sebagai acuan atau pedoman dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan terkait dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Pengembangan Kurikulum pada jenjang pendidikan dasar diatur dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014.

Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan Kurikulum sebagai berikut.
  1. Rapat Dewan Komite
  2. Menelaah Pedoman yang berlaku
  3. Menyusunan Kurikulum
  4. Mengadakan review Kurikulum
  5. Pengecekan
  6. Revisian
  7. Pengesahan
Rapat dewan komite dilaksanakan agar pihak sekolah dapat menyampaikan capaian selama setahun berlangsungnya tahun ajaran. Menyampaikan kendala-kendala yang terjadi. Komite dapat memberikan saran maupun kritik terhadap kinerja sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum sekolah. Harapan dan cara perbaikan yang diharapkan juga diperoleh pada tahapan ini.

Pada tahap berikutnya pihak sekolah harus mempelajari pedoman yang berlaku entah itu dari kementerian atau peraturan turunan dari Dinas Pendidikan setempat. Kumpulkan juga aturan-aturan yang nantinya menjadi Landasan Yudiris Kurikulum Sekolah.

Pihak sekolah harus menuruti format penyusunan Kurikulum berdasarkan pedoman yang ada. Apabila pihak Dinas Pendidikan tidak memberikan pedoman, maka bisa menyusun Kurikulum berdasarkan Permen (Peraturan Menteri) yang berlaku. Pada Permen sendiri tidak ada format baku, hanya tercantum komponen-kompen yang wajib ada pada Kurikulum.

Penyusunan dilaksanakan apabila sudah benar-benar paham dengan pedoman yang berlaku. Jika formatnya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, maka hanya perlu mengubah beberapa komponen sesuai dengan rapat dewan komite yang sudah pernah dilaksanakan sebelumnya.

Pengadaan review Kurikulum biasanya diselenggarakan oleh K3S. Mereka akan menunjuk salah satu guru yang berpengalaman memjadi narasumber atau pembicara. Semua perwakilan setiap sekolah menyepakati komponen Kurikulum. Bahkan perwakilan sekolah diberikan kesempatan bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami selama penyusunan kurikulum sekolah.

Pengecekan dilakukan apabila Kurikulum sudah selesai disusun. Pengecekan yang dilakukan meliputi kelengkapan komponen Kurikulum, kesalahan penulisan kata, keselarasan antar kalimat, dan kesesuaian daftar isi dengan nomor halaman.

Revisi dilakukan sebelum Kurikulum Sekolah dicetak. Revisi dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah ditulis selama proses pengecekan. Jangan sampai ada yang salah karena Kurikulum akan dijilid.

Dokumen Kurikulum Sekolah akan ditanda tangani oleh Ketua Komite, Kepala Sekolah, dan disahkan Kepala Dinas Pendidikan. Apabila pengesahan sudah selesai maka, kurikulum akan dikumpulkan didinas sebagai arsip dan salinan kurikulum bisa digunakan pihak sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan.

Pandemi Covid-19 mewabah pada pertengahan tahun ajaran lalu. Bahkan belum ada yang tahu kapan pandemi akan usai. Penyelenggaraan pendidikan di tiap-tiap satuan pendidikan terus berlangsung. Pendidikan merupakan hak semua warga negara tanpa terkeculi.

Dalam rangka pemenuhan pendidikan bagi anak bangsa, maka proses pembelajaran dilakukan secara daring, luring, atau bahkan bisa tatap muka jika memungkinan. Penyusunan dan pengembangan kurikulum harus didasarkan pada kondisi aktual saat ini. Termasuk mencantumkan protokol kesehatan bagi warga sekolah dan berbagai peraturan dari kementerian terkait.

Pengembangan kurikulum di satuan pendidikan terkait akan disesuaikan dengan keadaan siswa, kompetensi guru, situasi darurat kebencanaan Covid-19, dan sarana serta prasarana milik sekolah.

Pembelajaran yang dilaksanakan selama Pandemi Covid-19 adalah daring dan luring. Pembelajaran daring diberikan guru kepada siswa yang memiliki fasilitas yang memadai. Bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring, maka akan diberlakukan pembelajaran luring.

Silakan kalian mendownload Contoh Kurikulum Sekolah Memuat Pembelajaran Daring 2020 2021. Itu bisa digunakan sebagai referensi menyusun Kurikulum disekolah kalian masing-masing. Sesuaikan juga dengan  keadaan sekolah dan beberapa komponen lainnya wajib diperhatikan.

Apabila kalian ingin memperoleh format doc atau dokumen word, silakan hubungi admin melalui fitur contact.

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎