Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Contoh Surat Melaksanakan Tugas (SPMT)

Download Contoh Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT). Bekerja di suatu instansi pemerintahan tentu perlu membuat atau mengadakan administrasi yang lengkap. Tujuannya demi keteraturan informasi yang akan diakses oleh beberapa lembaga pemerintahan lain. 

Salah satu administrasi yang perlu dibuat untuk mengawali karir sebagai pegawai negeri di pemerintahan adalah SPMT. Misalnya saja seseorang yang sudah lolos dalam tahap terkahir rekrutment CPNS akan melaksanakan pemberkasan hingga penerimaan SK. 
Surat Keputusan diterima berdasarkan lembaga yang menaungi. Apabila lolos sebagai sebagai CPNS daerah seperti Kabupaten atau Kota maka akan disalurkan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat. SK akan diberikan oleh kepala daerah, Bupati untuk Kabupaten, Walikota untuk Kota, dan Gubernur untuk Provinsi.

Pada saat penerimaan SK akan dibarengi oleh Surat Pengantar atas nama Kepala BKPSDM yang memuat permohonan pembuatan SPMT kepada instansi yang bersangkutan. Berikut ini contoh SPMT yang dibuat oleh sekolah untuk CPNS dengan jabatan guru kelas ahli pertama.

KOP SEKOLAH

SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS
Nomor :_____________


Yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama : ______________
    2 NIP : ______________
    3 Pangkat/Golongan ruang : ______________
    4 Jabatan : ______________
Dengan ini menyatakan bahwa :
    Nama : ______________
    2 NIP : ______________
    3 Pangkat/Golongan ruang : ______________
    4.  Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil
        a.  Pejabat yang mengangkat : ______________
        b. Nomor : ______________
        c. Tanggal : ______________
        d. Tanggal mulai berlakunya : ______________
        . Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil : ______________
    telah secara nyata melaksanakan tugasnya sejak tanggal __________
    Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya, untuk dapat digunakan seperlunya

________, ________
Yang membuat pernyataan
Kepala SDN ________



___________________
NIP..............................


Pada bagian yang bertanda tangan dibawah ini diisi dengan identitas atasan (Kepala Sekolah). Lengkap dengan NIP, golongaan, dan jabatan. Pada bagian bawah dengan ini menyatakan, diisi dengan identitas CPNS. 

Pejabat yang mengangkat bisa Bupati, Walikota, atau Gubernur. Nomor, tanggal, dan tanggal mulai berlakunya diisi sesuai dengan SK. Secara nyata melaksanakan tugasnya sejak tanggal diisi dengan tanggal CPNS mulai bekerja.

SPTM ditanda tangani oleh pimpinan instansi. Dokumen ini harus disimpan baik-baik dan diperbanyak sesuai keperluan. Pada saat mengajukan penghasilan di bagian Keuangan Daerah kalian harus melampirkan SPMT.

SPMT ada yang berasal dari sekolah, korwil hingga Dinas Pendidikan. Formatnya kurang lebih sama. Penggajian yang diterima oleh CPNS juga akan didasarkan pada tanggal berlakunya SPMT. Jika berlaku 6 Mei, maka kalian menerima gaji pada Bulan Juni. Begitu juga jika SPMT tanngal 29 Januari, maka gaji diterima bulan Pebruari

Bagi kalian yang ingin memperoleh file Contoh Surat Melaksanakan Tugas (SPMT) yang formatnya word agar bisa diedit, silakan download.

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali