Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengurangan Bukan Merupakan Operasi pada Bilangan Asli

Pengurangan Bukan Merupakan Operasi pada Bilangan Asli. Operasi bilangan meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Keempat operasi tersebut ada yang berlaku pada himpunan bilangan tertentu. Dalam matematika kita mengenal banyak jenis-jenis bilangan. 

Bilangan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yakni bilangan asli, bilangan bulat, bilangan cacah, dan bilangan prima. Bilangan asli merupakan bilangan yang anggotanya terdiri atas 1,2,3,4,5,6,.... 

Tahukah kalian bahwa sesungguhnya operasi pengurangan tidak berlaku pada himpunan bilangan asli?

Pengurangan bukan merupakan operasi pada himpunan bilangan asli karena ketika mengambil dua bilangan asli secara sembarang dan kemudian melakukan operasi pengurangan maka hasilnya tidak akan selalu bilangan asli. Prinsipnya suatu operasi pada suatu himpunan bilangan tertentu P merupakan aturan atau korespondensi atau keterkaitan mengawankan setiap satu atau lebih unsur dari P dengan tepat satu unsur P pula

Contohnya : 

 5 – 7 = –2 

Penjelasan : 
A = { 5, 7 } dengan A merupakan himpunan bilangan asli 
B = {-2} dengan B merupakan himpunan bilangan bulat

Saat bilangan lima dikurangi tujuh, maka diperoleh hasil bilangan dua. Padahal bilangan lima dan tujuh merupakan bilangan asli, sedangkan bilangan negartif dua merupakan bilangan bulat. Ini membuktikan bahwa pengurangan bukan operasi pada bilangan asli.

Jika suatu bilangan sejenis dikurangi dan menghasilkan bilangan yang sejenis dengan bilangan yang dioperasikan, maka operasi pengurangan tersebut termasuk operasi pada bilangan yang dimaksud. Misalnya bilangan bulat dikurangi bilangan bulat akan menghasilkan bilangan bulat.

Pendalaman materi tentang operasi hitung bilangan dipelajari dijenjang pendidikan tinggi. Pada jenjang sekolah dasar kalian hanya diajarkan konsep umum bilangan dan operasi sederhana. Pada jenjang sekolah menengah pertama, kalian dituntut bisa menggunakan konsep bilangan untuk pemecahan masalah yang kompleks.

Sebaiknya kamu mempelajari matematika dengan baik karena akan mengasah logikamu dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya, sehingga pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan.

Matematika tidak selalu berkaitan dengan angka-angka saja. Matematika itu luas dan tentunya sangat bermanfaat. Tetap semangat belajar ya 
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎