Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Print Artikel di Website Agar Tidak Berantakan

Berbagai sumber informasi kita peroleh dari internet. Bahkan berita pun bisa diakses melalui handphone yang terkoneksi internet. Media-media besar sudah mulai mengurangi aktivitas publikasi secara konvensional melalui cetakan.

Kadang beberapa orang diantara kita suka membaca secara langsung artikel pada website atau blog. Ada juga yang ingin artikelnya dicetak terlebih dahulu lalu dibaca dalam bentuk beberapa lembar kertas. Apapun caranya, tujuan utamanya tetap sama. 

Para pelajar biasanya mencari informasi maupun materi ajar di internet. Alasannya tentu lebih mudah karena disesuaikan dengan topik yang dicara dengan mengetiknya sebagai keyword di google. Beda halnya jika mencari manual di buku yang memerlukan waktu yang jauh lebih lama.

Mahasiswa jurusan tertentu seperti hubungan internasional ditugaskan untuk membaca situs-situs berita luar negeri untuk mendapatkan isu-isu global. Mungkin mahasiswa jurusan lain juga memperoleh tugas serupa.

Terkadang jika kita mencetak secara langsung artikel pada blog atau website, hasilnya akan hancur alias berantakan. Hal ini dikarenakan ukuran dokumen tidak disesuaikan terlebih dahulu apabila kita cuma menggunakan CTRL + P (Perintah print).

Cara Print Artikel di Website Agar Tidak Berantakan

1. Kunjungi Website yang Memuat Artikel

Kunjungi web atau blog yang memuat informasi yang dicari. Kemudian copy link web tersebut yang ada pada address bar browser kalian

2. Kunjungi  www.printfriendly.com

Apabila kalian sudah berada pada website tersebut, maka paste link website yang memuat artikel pada bagian yang berbentuk persegi panjang. Kemudian Klik Preview. Tunggulah beberapa saat

3. Klik Print


Kalian bisa menghilangkan bagian tertentu seperti teks atau gambar dengan mengklik bagian tersebut sebanyak dua kali (termasuk klik icon sampah).

Selain diprint, file bisa disimpan dalam bentuk pdf. Ukuran huruf dan gampang bisa diatur sesuai dengan prosentase yang dipilih.

Apabila gambar dilindungi hak cipta, maka tidak akan muncul pada dokumen. Artikel seperti itu bisa kalian jumpai seperti situs berita BBC.

Selamat mencoba. Semoga cara ini bermanfaat