Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pernyataan Penggantian Stempel Sekolah Karena Hilang

Stempel merupakan tanda bukti pengesahan yang berlaku di semua instansi resmi. Mulai dari swasta hingga pemerintahan. Pada suatu dokumen, stempel dipakai setelah tanda tangan dituliskan oleh pihak yang berwenang. Hal inilah yang menandakan bahwa dokumen tersebut sudah diketahui, disetujui, dan dipertanggung jawabkan oleh pihak yang berwenang.

Apakah stempel suatu instansi itu penting?

Tentu saja. Itu dibutuhkan demi pemenuhan persyaratan administrasi instansi.

Apakah stempel instansi bisa diganti-ganti atau dibuatkan duplikatnya?

Stempel instansi bisa diganti sesuai dengan pedoman yang berlaku.
Stempel juga bisa dibuatkan duplikat tetapi sayangnya tidak akan sama percis dengan cetakan stempel yang pertama.

Apakah ini akan menjadi masalah?

Bisa iya, bisa tidak. Misalnya saat kita memiliki permasalahan yang berkaitan dengan pihak Bank, maka keaslian stempel diperlukan.

Semua sekolah pasti menerima dana BOS melalui rekening sekolah. Kepala Sekolah dan Bendahara BOS memiliki wewenang dalam melakukan transfer dan pembayaran melalui internet banking. Apabila akun Kepala Sekolah atau Bendahara BOS terblokir karena salah memasukkan password lebih dari tiga kali, maka harus segera mengurusnya ke Bank.


Demi membukan akun Bank yang terblokir, maka Kepala Sekolah atau Bendahara BOS (tergantung akun yang terblokir) harus mengisi form terkait pembukaan blokir yang disertai alasannya. Selain itu menunjukkan kartu pengenal seperti KTP yang kemudian dicocokan dengan wajah Kepala Sekolah atau Bendahara BOS.

Pada tahap akhir, pihak Bank meminta Stempel Sekolah. Apabila pihak sekolah tidak bisa memberikannya dengan alasan hilang, maka harus membut surat pernyataan hilang dan mengulang membuat akun internet Banking Sekolah (IBB).

Bagaimana Format Surat Pernyataan Penggantian Stempel?
Dari pihak Bank tidak memberikan format baku, sehingga kita dibebaskan membuatnya.
Berikut ini contohnya,

Semoga surat pernyataan tersebut bermanfaat
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali