Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Sekolah Ramah Anak Powerpoint (PPT)

Hak anak sudah dijamin dalam Undang Undang Dasar 1945. Bahkan konvensi hak anak sudah disepakati oleh Indonesia dan anggota PBB lainnya. Seorang anak diharapkan untuk selalu mendapatkan perlindungan di manapun mereka berada. Baik itu dilingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.


Salah sayu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menjamin pemenuhan hak anak adalah mengkaji konsep sekolah ramah anak yang disingkat SRA. Melalui sekolah ramah anak, diharapkan anak mendapatkan perlindungan sekaligus memberikan kesempatan untuk anak mengajukan pengaduan terkait kendala di sekolah.

Anak menghabiskan sebagian waktu mereka di sekolah. Mereka harus selalu merasa aman dan nyaman. Orang dewasa memiliki peran untuk terlibat aktif memberikan perlindungan kepada anak di sekolah . Selian itu, orang dewasa wajib memberikan keteladanan yang baik dalam kesehariannya.

Apabila anak melakukan kesalahan, maka jangan sepenuhnya menyalahkan anak tersebut. Ada andil orang dewasa yang mempengaruhi tindakan dan kepribadiannya. Pemahaman anak tentang perilaku yang salah dan benar juga belum bagus. Mereka perlu bimbingan dari orang dewasa, terlebih dari orang tuanya.

Sekolah ramah anak nantinya diharapkan dalam kondisi yang bersih, asri, ramah, indah, inklusif, aman dan nyaman. Demi mengwujudkan hal tersebut,maka diperlukan kerjasama banyak pihak. Mulai dari guru, anak, orang tua, komite, masyarakat sekitar, alumni, dan dinas terkait.


Semoga dengan mendapatkan materi sekolah ramah anak ppt, dapat meningkatkan pemahaman berbagai pihak tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolah ramah anak (SRA). Mari kita berkomitmet bersama melindungi anak. Anak adalah masa depan kita