Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Exam Browser Eror


Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang disingkat ANBK. Kegiatan ini dilaksanakan dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Peralatan yang diperlukan untuk pelaksanaan ANBK atau AKM yaitu laptop/komputer, switch hub, kabel LAN, dan access point. Diperlukan juga aplikasi Exam Browser untuk proktor dan client. Kedua aplikasi tersebut dapat didownload di situs resmi ANBK.

Saat digunakan, aplikasi Exam Browser sering mengalami trouble (masalah). Permasalahannya pun sangat beragam. Tentu saja hal ini harus diatasi dengan cepat agar ANBK dapat terlaksana dengan baik. Berikut ini masalah beserta cara mengatasi eror pada aplikasi ANBK yakni Exam Browser.

Masalah dan Solusi Pada Aplikasi Exam Browser

1) Extract Exam Client / Proktor Browser Error

Aplikasi Exam Browser yang kalian unduh dari situs ANBK berupa file winrar. Tidak seperti pada aplikasi windows lainnya yang memerlukan proses installing. Aplikasi Exam Browser hanya perlu dibuka dengan mengklik file aplikasi pada folder yang tersedia.

Apabila kalian melihat tulisan no archives found saat mengextract file Exam Browser, berarti aplikasi Winrar yang kalian gunakan masih versi lama.

Solusi :

Download Winrar versi baru melalui cara berikut :
  1. Kunjungi situs resmi winrar (disini)
  2. Downlaod sesuai bit laptop/komputer
  3. Install
  4. Extract kembali file Exam Browser

2) EROR 402

Masalah Eror 402 terjadi karena kalian menggunakan aplikasi Exam Browser versi yang lama. Hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa terhubung ke server. Selian itu juga bisa diakibatkan karena kalian membuka browser seperti google chrome, mozila firefox, dan lainnya.


Solusi :

Download aplikasi Exam Browser versi baru dengan cara berikut:
  1. Kunjungi situs resmi ANBK (disini)
  2. Log in menggunakan akun sekolah
  3. Cari bagian unduh aplikasi
Selain cara di atas kalian bisa menutup semua aplikasi selain Exam Browser. Cara alternatif lainnya setting tanggal dan jam pada laptop sesuai dengan waktu tempat pelaksanaan ANBK (WIB, WITA, WIT).

3. EROR 404

Masalah tipe ini terjadi karena koneksi internet yang terputus. Jadi kalian harus memastikan koneksi internet pada laptop atau komputer terhubung dengan baik. Terlebih jika kalian menggunakan kabel LAN. Silakan cek sambungan kabel tersebut pada laptop atau switch hub.


Solusi:

Hidup dan sambungkan koneksi internet pada komputer atau laptop. Pastikan juga matikan atau uninstall antivirus. Jika kedua cara tersebut tidak bisa, maka hapus folder aplikasi Exam Browser yang lama. Kemudian bersihkan cache pada google chrome. Extract kembali file Exam Browser versi terbaru

4. Aplikasi Exambrowser Stopped Working

Masalah ini terjadi akibat antivirus yang masih hidup. Meskipun antivirus tambahan seperti Smadav, Kaspersky, Avira, dan lainnya sudah dimatikan. Namun kalian perlu memastikan antivirus bawaan seperti windows defender juga harus dimatikan.

Solusi:

  • Matikan semua antivirus
  • Disable Firewall

5. Lag Pada Saat Pengerjaan/Loading saat mengerjakan soal

Lag atau layar laptop freeze ketika mengerjakan soal disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena server pusat terlalu padat. Banyak komputer yang berusaha mengakses server sehingga traffic sangat padat. Hal ini lumrah terjadi mengingat peserta ANBK meliputi siswa-siswi seluruh Indonesia. Jangan panik jika mengalami kendala lag. 


Solusi:

Refresh aplikasi dengan menekan tombol F5 pada keyboard
Jika masih belum bisa, silakan log in ulang pada aplikasi. Tenang saja, seharusnya jawaban siswa sudah tersimpan otomatis pada server.
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎