Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Validitas

Validitas menggambarkan sejauh mana ketepatan dan kecermatan alat ukur dalam mengukur. Validitas biasanya digunakan saat penelitian. Saat melaksanakan suatu penelitian tentu kita memerlukan instrumen untuk memperoleh data. Instrumen yang dimaksud bisa kuesioner, tes, angket, dan lainnya. Agar benar-benar memperoleh data yang diinginkan, maka instrumen harus diuji terlebih dahulu validitasnya.

Contohnya pada penelitian pendidikan. Seorang guru ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran tertentu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 6. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes. Tes ini memuat beberapa butir soal tentang materi matematika yang diajarkan. Materinya pun bisa spesifik seperti materi lingkaran. Sebelum digunakan, tes ini diuji coba dulu pada beberapa siswa. 

Hasil uji validitas akan mengungkapkan derajat ketepatan tes yang dibuat untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi lingkaran. Apabila terdapat butir soal yang tidak valid, maka tidak akan digunakan untuk menghindari bias hasil penelitian. Materi cara mencari validitas diperoleh saat kalian menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada mata kuliah statistik. Berikut ini salah satu contoh soal validitas untuk menguji kemampuan kalian.

Contoh Soal Validitas

Download Soal Validitas