Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Problem Solving Kepemimpinan

Pemimpin merupakan orang yang memimpin suatu organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menjadi pemimpin bukanlah tugas yang mudah. Perlu adanya tekad dan kemampuan yang mumpuni. Seseorang yang kurang cakap dalam memimpin akan memberikan dampak buruk tidak hanya pada dirinya sendiri melainkan bagi orang lain. 

Biasanya pemimpin suatu organisasi dipilih dengan sistem voting. Semua orang dalam organisasi terlibat dalam pemilihan pemimpin. Sebelum dipilih, kandidat-kandidat pemimpin menyampaikan visi dan misi masing-masing. Mereka juga akan terlibat dalam debat untuk menguji kelayakan dalam memimpin. Memang tidak ada jawaban yang mutlak benar, tetapi setidaknya pemilih bisa menilai kandidat melalui jawaban yang mereka sampaikan.

Berikut ini Contoh Soal Problem Solving Kepemimpinan

  1. Salah satu anggota organisasimu tidak bisa menyelesaikan tugasnya karena ada urusan keluarga yang mendesak. Tugas tersebut sangat penting dan berdampak besar pada acara organisasimu. Apa yang akan kamu lakukan?
  2. Terjadi permasalahan pada salah satu divisi organisasi yang kamu pimpin. Bagaimana caramu menyampaikan masalah tersebut kepada anggota organisasi yang lain?
  3. David adalah orang yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Rendy adalah orang yang memiliki komitmen. Menurutmu, siapakah yang akan mampu menjadi pemimpin yang paling hebat?
  4. Kamu bersama kelompokmu terjebak dalam labirin. Kalian berjalan begitu lama hingga sampai di ruangan yang penuh makanan. Selang beberapa hari, makanan tersebut habis. Apa yang akan kamu lakukan? Apakah kamu akan melubangi tembok ruangmu yang sekarang untuk mendapatkan makanan? atau kamu pergi ke ruangan lain?
  5. Mengadakan event yang luar biasa tetapi anggota organisasi kewalahan atau mengadakan event yang biasa saja dan anggota organisasi tidak kewalahan?
  6. Muncul konflik antar anggota divisi organisasi yang kamu pimpin. Ternyata mereka mempermasalahkan hal-hal diluar kepentingan organisasi. Tindakan apa yang kamu ambil?

Pertanyaan-pertanyaan diatas sangat cukup untuk menunjukkan pemahaman seseorang tentang kepemimpinan dan kualitas pengambilan keputusan. Pertanyaan tersebut bertipe problem solving sehingga diharapkan muncul pemikiran kritis tetapi tetap logis. Bukan hanya sekedar jawaban yang dihafal.
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali