Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Menyusun Huruf Menjadi Kata Kelas 1

Membaca merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai. Berbagai pengetahuan dapat diperoleh melalui kegiatan membaca. Terdapat berbagai macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan. Misalnya metode SAS, metode eja, metode Scramble, metode gambar dan lainnnya.


Apabila guru tidak menerapkan metode yang tepat dalam mengajarkan siswa membaca, maka siswa akan menghadapi kesulitan. Pada akhirnya siswa merasa malas membaca, cepat bosan, dan berkendala dalam merangkai kata. Hal ini akan berdampak luas terhadap kemampuan literasi anak di masa depan.

Salah satu metode yang sering digunakan guru mengajar adalah metode Scramble. Metode ini mengajak siswa bermain secara kreatif dalam menyusun huruf menjadi kata dan menyusun kata menjadi kalimat. Apabila siswa sudah mengenal mayoritas huruf alfabet, maka bisa diajak bermain menyusun kata.

Berikut ini soal menyusun huruf menjadi kata kelas 1 SD





Soal di atas sudah dirancang dari yang paling mudah hingga sedang. Desain soal dibuat sesederhana mungkin agar mudah dipahami oleh siswa. Huruf diacak pada beberapa kotak. Siswa dapat menuliskan kata yang benar dari huruf-huruf yang tersedia tersebut. Huruf yang dipergunakan adalah huruf besar atau kapital. Pada bagian sebelah kiri terdapat gambar ilustrasi dari kata yang harus ditulis oleh siswa.

Apabila siswa sudah mampu menjawab semua soal dengan benar, maka bisa dilanjutkan Soal Latihan Menulis Kelas 1 SD. Melalui latihan soal, siswa diharapkan mampu menulis dengan baik. Apabila kalian membutuhkan file latihan soal menyusun huruf menjadi kata berikut dalam bentuk pdf agar bisa diprint, maka silakan download melalui link di bawah.