Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Latihan Menulis Kelas 1 SD

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang aktif. Menulis juga termasuk keterampilan terakhir yang dikuasi siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Siswa dapat menyampaikan suatu gagasan melalui tulisan.

Pengajaran menulis permulaan biasanya dilakukan saat siswa mengenyam bangku sekolah dasar. Tidak jarang juga sudah dilaksanakan saat anak masih bestatus siswa sebagai Taman Kanak-kanah. Memang tidak ada larangan mengajarkan menulis bagi siswa TK. Setiap anak tentu memiliki daya serap yang berbeda-beda.

Guru dapat mengajarkan siswa menulis permulaan melalui instrumen soal berikut. Pada soal, terdapat gambar objek yang dibawahnya memuat ruang bagi siswa menulis huruf. Diharapkan instrumen ini mampu membuat anak termotivasi belajar.



Siswa ditugaskan untuk menulis huruf dari kata-kata yang paling mudah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar siswa merasa senang saat mampu menuliskan huruf dan tertantang untuk terus menulis. Selain belajar menulis, siswa diharapkan mampu mengenal suatu objek dari gambar.

Apabila siswa sudah mahir menulis huruf menjadi sebuah kata, maka siswa dapat melanjutkan ke latihan soal berikutnya. Siswa akan menulis atau menyalin kalimat sederhana seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini. Kalian bisa mendapatkan filenya berupa pdf.


Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali