Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal AKM SD Kelas 5 Online + Kunci Jawaban

AKM merupakan singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum.Pelaksanaan asesmen bertujuan untuk memberikan informasi yang kaya bagi guru, peserta didik dan orang tua mengenai kemajuan dan pencapaian pembelajaran, serta keputusan tentang kebijakan langkah selanjutnya.

Pada jenjang sekolah dasar (SD), siswa kelas 5 mengikuti ANBK. Soal-soalnya pun terdiri atas dua jenis, (1) Soal Literasi dan (2) Soal Numerasi. Literasi berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menganalisis teks bacaan. Numerasi tentang kemampuan dalam melaksanakan operasi hitung matematika berkaitan dengan masalah di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini latihan soal AKM SD Kelas 5 yang dapat dikerjakan secara online disertai jawabannya. Soal ini merupakan soal dari Kemendikbud.


No Latihan Soal Online dan Jawaban
1 Soal Numerasi (Aljabar)
2 Soal Numerasi (Bilangan)
3 Soal Numerasi (Geometri)
4 Soal Numerasi (Data dan Ketidakpastian)
5 Soal Literasi (Teks Informasi)
6 Soal Literasi (Teks Sastra)

Bagi siswa yang tidak terbiasa menjawab soal yang bertipe pemahaman tentu akan dianggap sulit. Perlunya peranan guru dalam mengatasi masalah tersebut. Hal ini menjadi lumrah, karena tidak mungkin semua guru menerapkan pembelajaran bermakna di masa lalu. Guru harus bersabar dalam memberikan pengajaran yang efektif dan efisien.

Pada bidang literasi, siswa harus dibiasakan untuk membaca sehingga munculnya kecintaan akan bacaan. Banyak siswa yang sudah bisa membaca, namun kurang memahami teks bacaan tersebut. Ini jelas bukan hal yang diharapkan. Salah satu materi yang bisa memperkuat kemampuan literasi siswa adalah gagasan pokok dan pendukung.

Siswa dapat ditugaskan untuk mencari gagasan pokok maupun pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca. Apabila hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka akan muncul intuisi atau insting siswa dalam mencari makna atau maksud bacaan. 

Numerasi berkaitan dengan matematika. Sebagian siswa mungkin akan menganggapnya paling sudah. Padahal, apabila guru mengajarkan dengan cara yang benar, segala hal yang berkaitan dengan matematika merupakan hal yang menyenangkan. Numerasi bukan hanya sekedar mengingat konsep, dailil, rumus matematika belaka. Ini tentang seni menyelesaikan suatu masalah menggunakan angka-angka.

Guru harus mampu mengubah ketakutan siswa menjadi kesenangan terlebih dahulu. Libatkan benda-benda konkret seperti lidi, batu, kelereng dalam menyelesaikan masalah numerasi. Apabila siswa disuguhkan angka-angka yang banyak tanpa memaknainya, maka soal  numerasi dianggap sulit dan membosankan. Tanamkanlah semangat pantang menyerah untuk mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

Percayalahlah, kenal soal AKM menjadi salah satu pijakan suksesnya pendidikan di Indonesia.

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali