Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Struktur Kurikulum Merdeka pada jenjang SD dibagi menjadi dua yaitu kegiatan Intrakurikuler dan Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (P5). Banyak guru yang ingin mengunduh atau download contoh modul P5. Hal ini wajar mengingat kegiatan P5 belum pernah mereka laksanakan.

Projek ini tentu merupakan terobosan yang positif bagi pendidikan di Indonesia. Banyak pihak yang sebelumnya berpendapat bahwa masyarakat Indonesia terlalu pandai berteori tetapi minim praktek. Wujud nyatanya, banyak sarjana yang memiliki nilai (IP) tinggi, namun survive di dunia kerja. 

Pembelajaran berbasis projek ini hadir untuk menyelesaikan segala permasalahan dari paparan di atas. Diharapkan siswa akan mampu menanamkan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam dirinya. Seperti senantiasa meningkatkan kualitas diri agar memiliki kompetensi global atau bahkan mampu bernalar kritis dan lain sebagainya.

Tujuan akhir dari P5 bukan berupa produk melainkan penguatan karakter. Selain itu P5 tidak hanya terbatas dilakukan dengan Project Based Learning tetapi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai pendekatan atau metode.

Modul P5 terdiri atas beberapa komponen meliputi:
  • Profil modul (Tema dan topik modul, fase atau jenjang sasaran, durasi kegiatan)
  • Tujuan (Pemetaan dimensi, elemen, sub elemen Profil Pelajar Pancasila, rubrik pencapaian kompetensi)
  • Aktivitas (Alur aktivitas projek, penjelasan detail tahapan kegiatan dan asesmennya)
  • Asesmen (Instrumen pengolahan hasil asesmen)
Berikut ini contoh Modul P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila karya Irfan Amalee dengan judul Merayakan Keragaman. Modol tersebut diperuntukan bagi Fase C (Kelas 5 dan 6). Kami harapkan modul tersebut dapat menjadi referensi bagi bapak atau ibu guru dalam mengembangakan atau menyusun modul P5. Termasuk untuk guru yang mengajar di Fase A (Kelas 1 dan Kelas 2) dan fase B (Kelas 3 dan Kelas 4)

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali