Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan


Penilaian kinerja tenaga kependidikan dilakukan secara berkala oleh pihak berwenang. Mungkin selama ini kita hanya tahu mengenai penilaian guru saja yaitu PKG. Pembelajaran yang baik di satuan pendidikan tidak terlepas dari peran tenaga kependidikannya. Mereka yang selalu bertugas mengurus segala administrasi sekolah. Bahkan data base guru dan siswa dikelola juga.

Pelayanan teknis seperti legalisir ijazah, penerimaan berkas siswa dan lain sebagainya juga merupakan tugas tenaga kependidikan. Tidak jarang juga mereka ikut terlibat dalam setiap pengambilan kebijakan sekolah secara umum. 

Terdapat beberapa jenis tenaga kependidikan sesuai dengan jenjang pendidikan. Misalnya saja pada sekolah dasar atau SD terdapat operator sekolah, TU (tata usaha), petugas perpustakaan, hingga penjaga sekolah. Untuk di SMP ataupun SMA sederajat, jenisnya sama melainkan jumlahnya yang lebih banyak. Mengingat kuantitas siswa yang lebih banyak. 


Bagi sekolah yang ingin mengajukan akreditasi, tentunya akan mengupload banyak dokumen. Salah satunya adalah Dokumen penilaian kinerja tenaga kependidikan berupa format penilaian kinerja serta Hasil penilaian kinerja tenaga kependidikan. Kami menyediakan instrumen penilaiannya. Semoga bermanfaat.Instrumen penilaian tenaga kependidikan

Adapun indikator penilaiannya yaitu produktivitas, komunikasi, kepemimpinan, pengembangan diri, dan hubungan. Masing-masing indikator tentu memiliki pernyataannya masing-masing. Kategori penilaiannya Sangat Baik (100 - 91), Baik (80 - 61), Cukup (60 - 41), Sedang (40 - 21), Kurang (20 - 0).

Password : diaryguru

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali