Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Jurnal Tentang Penyebab Masalah Pembelajaran

Guru pasti sering menghadapi berbagai permasalahan ketika terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Masalah tersebut bisa nampak di dalam kelas maupun di luar kelas. Tentu saja guru harus mencari solusi atas permasalahan ini. Namun, tentunya harus ditentukan terlebih dahulu akar penyebab masalahnya.

Banyak jurnal-jurnal pendidikan yang mengungkapkan faktor-faktor penyebab masalah yang sering terjadi di sekolah. Informasi yang dicantumkan antar penulis saling mendukung satu sama lain. Tidak jarang juga saling melengkapi.

Pada kegiatan profesi guru atau PPG, mahasiswa ditugaskan mengidentifikasi masalah yang terjadi di kelasnya. Masalah tersebut dikelompokkan menjadi 6 jenis masalah. Pada akhirnya, mereka harus mengeksplorasi penyebab masalah yang teridentifikasi.

Kajian literatur dan wawancara merupakan cara yang digunakan untuk memperoleh analisis penyebab masalah. Pada kajuan literatur, banyak mahasiswa PPG yang kesulitan mencari sumber berupa jurnal terkait masalah yang dipilih. Berbagai kata kunci atau keyword sudah digunakan pada google scholar, namun belum juga didapatkan.

Tim diary guru sudah mengunduh beberapa jurnal dan dikumpulkan menjadi satu sesuai dengan variabel permasalahan. Silakan kalian download jurnal tersebut.
No Masalah
1 Minat belajar siswa rendah 
2 Siswa mengalami kejenuhan 
3 Minat baca siswa rendah
4 Kemampuan operasi hitung perkalian siswa rendah
5 Terdapat siswa yang lambat belajar
6 Belum diterapkan pembelajaran berdiferensiasi
7 Belum optimal kerja sama antara guru dan orang tua siswa
8 Keterampilan kalaborasi siswa rendah
9 Kurang optimalnya penerapan model pembelajaran inovatif 
10 Kemampuan literasi numerasi siswa rendah
11 Siswa mengalami miskonsepsi
12 Siswa tidak mampu menjawab soal HOTS
13 Belum optimalnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎