Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh LKPD Kurikulum Merdeka


LKPD merupakan petunjuk kerja peserta didik selama pembelajaran berlangsung untuk mempermudah peserta didik melaksanakan pembelajaran dan mencapai kompetensi tertentu. LKPD mengaktifkan pesera didik selama proses pembelajaran. Pembelajaran tidak lagi sebagai transfer of knowledge (pengetahuan), melainkan kegiatan kontruksi pengetahuan secara aktif dan mandiri.

Petunjuk dan langkah kerja pada LKPD meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Tahap-tahap penyelesaian masalah yang terdapat dalam LKPD, Selain itu, melatih peserta didik menggunakan waktu seefektif mungkin. 

Kurikulum merdeka memungkinkan guru untuk mengeksplorasi pembelajaran inovatif dan kolaboratif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan lingkungan belajar masing-masing. Penggunaan LKPD yang menarik pada pembelajaran yang menerapkan kurikulum merdeka dinilai mampu menunjang  ketercapaian tujuan pembelajaran.

Peserta didik dapat melaksanakan tugas belajarnya melalui kegiatan yang diminatinya. Asesmen diagnostik yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dapat dijadikan pedoman dalam menyusun kegiatan-kegiatan pada LKPD. Pembelajaran yang berlangsung akan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga respon yang tercipta akan kuat dan berlangsung lama.

LKPD yang dirancang memungkinkan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar yang kolaboratif, artinya bekerja sama dengan teman-temannya untuk memperoleh pengalaman belajar. Keterampilan kolaboratif peserta didik akan terasah. Berikut ini contoh LKPD Kurikulum Merdeka Kelas IV.






Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali