Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh LKPD yang Menarik


LKPD merupakan salah satu sarana yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa. LKPD mempermudah terjadinya interaksi yang aktif dan efekfik antara peserra didik dengan sumber belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. 

Pengalaman dan tugas belajar peserta didik dalam mengonstruksi pengetahuan dapat dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui penggunaan LKPD. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berupa lembaran berisi petunjuk dan langkah untuk menyelesaikan tugas belajar yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

Guru harus mampu menyusun dan menyediakan LKPD yang menarik agar siswa tertarik untuk membaca dan mengerjakannya. Selain harus tepat sasaran, visualisasi LKPD harus diperhatikan. Terdapat berbagai platform yang dapat membantu guru membuat LKPD menarik seperti canva.

Kreativitas guru dapat diasah melalui pemilihan background, clipart, animasi dan lainnya yang tersedia pada platform canva. Berbagai hal harus diperhatikan oleh guru seperti warna background text tidak terlalu kontras dengan warna text. Gambar ilustrasi pada LKPD juga disesuaikan dengan materi ajar.

LKPD yang sudah selesai disusun harus diuji coba sehingga memperoleh feedback dari peserta didik. Kelemahan atau kekurangan yang tampak akan diperbaiki, sedangkan kelebihannya dapat dijadikan acuan dalam pembuatan LKPD pada materi selanjutnya.

Berikut contoh LKPD yang menarik:








Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali