Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Serah Terima Jabatan

Pergantian jabatan di instansi pemerintahan merupakan hal yang lumrah. Terjadi rolling jabatan setiap 4 tahun atau lebih yang ditandai dengan diterbitkannya SK dari pejabat terkait. Administrasi dari masing-masing instansi baik itu pihak yang menyerahkan maupun pihak yang menerima harus jelas. Salah satu administrasi yang harus dibuat adalah bukti serah terima jabatan.

Tim diaryguru menyediakan contoh surat serah terima jabatan berupa berita acara yang menyatakan bahwa kepala sekolah yang lama menyerahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan jabatan, tugas, dan tanggung jawab kepada kepala sekolah yang baru. Pihak-pihak yang mengetahui maupun menyaksikan serah terima tersebut yaitu ketua komite dan perwakilan guru. 

Perwakilan guru yang terpilih berdasarkan DUK yang paling tinggi dan ketua komite diminta untuk menantangani berita acara. Dokumen ini tidak memuat nomor surat, cukup menggunakan KOP instansi atau sekolah saja. 

Dokumen ini sudah mewakili berbagai inventaris, berkas-berkas, dan lain-lain yang sudah dimiliki pihak sekolah untuk dipindah tangankan tanggung jawabnya kepada pejabat baru. Setelah dokumen serah terima ini ditanda tangani oleh semua pihak, cap tidak perlu dibubuhkan. Jangan lupa simpan dan arsipkan surat serah terima jabatan. Surat serah terima jabatan ini dapat diunduh dalam bentuk file word yang dapat diedit dan disesuaikan dengan instansi masing-masing.

DOWNLOAD

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali