Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran penting untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Pengemasan pembelajaran ini berubah seiring berjalannya waktu, mulai dari nama mata pelajaran seperti Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) hingga berubah menjadi Pendidikan Pancasila. Cara pengajarannya pun berubah, dari awal yang berfokus pada konten menjadi fokus perubahan tingkah laku sebagai pemahaman konsep-konsep pendidikan pancasila.

Pada kurikulum merdeka, buku siswa tidak disediakan oleh pihak Kementerian Pendidikan sehingga guru harus menyediakan materi yang berkesinambungan dengan buku guru. Guru juga bisa melakukan improvisasi agar siswa mudah memahami materi yang kontekstual dengan kehidupan siswa. Berbagai sumber belajar dapat digunakan seperti internet, modul elektronik, dan lainnya.

Diaryguru menyediakan materi-materi siswa untuk pembelajaran pendidikan pancasila kelas 5. Selain itu, tersedia lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dapat dijawab oleh siswa setelah membaca materi yang diberikan oleh guru. Guru harus menekankan contoh dan penerapan dari setiap sub-sub materi yang diajarkan agar siswa tidak hanya sekedar menghafal materi ajar lalu dilupakan. Soal kurikulum merdeka kelas 5 pendidikan pancasila

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka

No Materi
1 Unit Pembelajaran 1 Pancasila dalam Kehidupanku
2 Unit Pembelajaran 2 Norma dalam Kehidupanku
3 Unit Pembelajaran 3 Jati diri dan Lingkunganku
4 Unit Pembelajaran 4 Negaraku Indonesia
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali