Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD Kelas I memang tersedia hanya untuk guru saja. Diharapkan nanti guru mampu mengemas materi PPKn dalam situasi menyenangkan dan kondusif. Pembelajaran PPKn yang baik tentu harus diimbangi dengan implementasi dari nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penjelasan materi diharapkan seminim mungkin karena siswa diharapkan menemukan pemahamannya sendiri. Pemahaman tersebut diperoleh dari berbagai kegiatan belajar yang inovatif termasuk mengerjakan LKPD yang tersedia.

Pembelajaran PKn yang bermakna dapat dilakukan dengan melibatkan kartu Pancasila, Games Pancasila, Kliping Kewarganegaraan, Pohon Kebajikan, Congklak Komponen Pancasila, Jelajah Desaku, Kartu Gotong Royong, Media Kartu dan Wayang Tokoh, Puzzle Pintar, Kartu Keberagaman, Wayang Wajah,  dan media lainnya

Desain pembelajaran di SD, khususnya pada kelas 1 dapat dilakukan dengan cara berdiskusi, bermain, bernyanyi, bermain peran, mencocokkan, mewarnai, bercerita, bertanya dan berpendapat. Semua kegiatan tersebut dapat memunculkan profil pelajar pancasila dan memenuhi capaian pembelajaran.

Visual alur pembelajaran berisi enam tahapan, di mana guru harus: 1) menguasai konsep CP, 2) mengekstraksi nilai-nilai apa yang akan dibentuk dari setiap CP, 3) memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi (lihat alternatif juga), 4) menyiapkan media pembelajaran, 5) melaksanakan pembelajaran, dan 6) melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Materi dan LKPD Pendidikan Pancasila Kelas 1 Kurikulum Merdeka

NO MATERI DAN LKPD
1 UNIT I AKU CINTA PANCASILA
2 UNIT II AKU ANAK YANG PATUH ATURAN
3 UNIT III AYO MEMPERKENALKAN DIRI DENGAN SOPAN
4 UNIT IV AKU CINTA LINGKUNGAN SEKITAR
5 UNIT V AKU SUKA BERGOTONG ROYONG