Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka


Pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka menekankan keseimbangan empat keterampilan kebahasaan. Ada keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keterampilan tersebut memang penting dimiliki agar kelak peserta didik dapat menjadi pembelajar yang aktif dan berkelanjutan.

Bahasa Indonesia berkaitan dengan literasi. Kemampuan memperoleh dan menalar informasi warga negara Indonesia tergolong rendah. Hal ini diketahui dari hasil PISA yang diikuti oleh beberapa negara. Dilakukan sistem sampling untuk menentukan siswa yang akan parpartisipasi pada asesmen tersebut.

Guru diharapkan mengadakan pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif. Bukan hanya berorientasi pada penguasaan materi dengan cara menghafal. Melainkan, siswa diarahkan untuk memahami suatu materi hingga mampu menerapkan hal-hal yang sudah dipelajarinya. Kemampuan berpikir kritis dan menalar siswa dapat dilatih melalui berbagai cara.

Memang kurikulum merdeka terbilang baru. Mengingat kurikulum ini pertama kali diterapkan pada sekolah-sekolah tertentu saja. Setelah memberikan kesan dan dampak yang positif, pihak sekolah lain dibebaskan memilih kurikulum sesuai dengan situasi sekolah. Banyak pihak yang menggap kurikulum ini merupakan harapan baru untuk pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Bank soal-soal kurikulum merdeka belum terlalu banyak. Banyak siswa dan guru memerlukan soal untuk melakukan asesmen. Tujuannya tentu untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan. Diaryguru menyediakan soal-soal terbaru yang sesuai dengan CP dan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia kelas 5.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

No Latihan Soal Online dan Jawaban
1 Bab 1 Aku yang Unik
2 Bab 2 Buku Jendela Dunia
3 Bab 3 Ekspresi Diri melalui Hobi
4 Bab 4 Belajar Berwirausaha
5 Bab 5 Menjadi Warga Dunia
6 Bab 6 Cinta Indonesia
7 Bab 7 Sayangi Bumi
8 Bab 8 Bergerak Bersama
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎