Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Asesmen Diagnostik Non Kognitif

Asesmen diagnostik merupakan produk kurikulum merdeka. Melalui asesmen ini, guru dapat mengetahui keadaan siswanya. Baik secara kognitif maupun non kognitif. Asesmen kognitif diberikan guru pada awal semester atau awal tahun ajaran baru. 

Asesmen diagnostik non kognitif dapat menginterpresentasikan berbagai hal terkait profil siswa. Mulai dari minat dan bakat siswa, lingkungan keluarga, kesejahteraan sosial dan psikologi, kebiasaan belajar dan lainnya. Tim diaryguru mencantumkan beberapa komponen pada asesmen.

Komponen yang dimaksud yaitu 1) Tentang aku (Nama Lengkap, Nama Panggilan, Umur, Anak ke-, Banyak Saudara, Foto peserta didik, 2) Yang Aku Sukai (Hobi, Cita-cita, Makanan Kesukaan, Minuman Kesukaan, Mainan Kesukaan, Hewan Peliharaan), 3) Pahlawanku (Pekerjaan Ayah, Jam Kerja Ayah, Gaji Ayah, Pekerjaan Ibu, Jam Kerja Ibu, Gaji Ibu), 4) Keseharianku (Waktu Belajar di Rumah, Waktu Tidur, Uang Bekal, Menu Sarapan, Riwayat Penyakit, No Hp/WhatsApp, Kegiatan Sepulang Sekolah)

Pembelajaran yang diberikan kepada siswa akan diberikan berdasarkan profil masing-masing peserta didik. Ada yang suka belajar melalui gambar, ada pula yang suka belajar melalui demonstrasi. Perhatikan juga situasi psikologi siswa agar mereka dapat belajar dengan aman dan nyaman di kelas.

Bapak dan Ibu guru tinggal mengunduh file asesmen diagnostik non kognitif jenjang SD kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 berikut dalam bentuk pdf lalu dicetak pada printer masing-masing. File ini dapat digunakan di berbagai kelas. Minta siswa juga untuk mengisi lembar asesmen bersama orang tuanya karena pada beberapa isian terdapat informasi yang belum diketahui siswa secara pasti. Apabila bapak atau ibu menginginkan file yang bisa diedit, silakan hubungi admin. Semoga file berikut bermanfaat.

 

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎