Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pelajaran Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka menjadi harapan baru untuk mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia. Apabila semua pihak bersatu padu dan saling berkomitmen untuk bekerja secara maksimal, niscaya Generasi Emas Indonesia akan terwujud. Salah satu komponen yang dibutuhkan oleh pihak sekolah dalam memberlakukan kurikulum pada awal tahun ajaran baru adalah jadwal pelajaran.

Terdapat beberapa perubahan mata pelajaran di jenjang SD kelas 5. Salah satunya adalah pemberlakukan mata pelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Mata pelajaran IPA dan IPS digabung menjadi mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Selain itu, terjadi perubahan JP (Jam Pelajaran) pada beberapa mata pelajaran. Siswa bahkan diperbolehkan memilih satu seni budaya dari 4 pilihan yang tersedia (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari).

Kurikukum merdeka benar-benar memerdekaan siswa maupun guru asal dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Pada KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) memuat lampiran jadwal pelajaran, analisis hari efektif, hingga kalender pendidikan. Pembuatan KOSP juga dilakukan secara kolektif melalui rapat dewan guru dan komite. Pembelajaran pada kurikulum merdeka terdiri atas intrakurikuler dan projek, sedangkan ekstrakurikuler dianggap opsional sesuai dengan kesediaan masing-masing satuan pendidikan.

Pada jadwal pelajaran kelas 5 tercantum mata pelajaran infrakurikuler yang bertujuan untuk mencapai CP pada fase C, adapula mata pelajaran projek penguatan profil pelajar pencasila atau P5 untuk memunculkan atau menanamkan karakter pelajar pancasila, dan ada juga ektrakurikuler wajib dan pilihan. Ekstra yang wajib di jenjang SD adalah Pramuka, sedangkan pilihan beranekaragam sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Kami sebelumnya sudah memposting jadwal pelajaran kurikulum merdeka kelas 2, berikut jadwal pelajaran kurikulum merdeka kelas 5

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎