Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka

IPAS merupakan mata pelajaran baru yang menggabungkan IPA dan IPS menjadi satu. Kajian ilmu pengetahuan ini berkaitan dengan alam dan sosial. Pada semester 1 difokuskan pada pengetahuan alamnya, sedangkan pada semester 2 difokuskan pada pengetahuan sosialnya.

Pembelajaran IPAS di kelas 5 tidak berfokus pada hafalan, tetapi mementingkan pengetahuan bermakna yang dikaitkan langsung dengan pengalaman keseharian siswa. Siswa ditugaskan untuk memecahkan masalah sehari-hari menggunakan suatu konsep yang sudah ada.

Terdapat berbagai macam metode pengajaran yang cocok pada mata pelajaran IPAS, namun yang paling sinkron dengan tuntutan keterampilan abad ke 21 adalah probelm dan project based learning. Siswa diajak untuk mengalami suatu fenomena untuk belajar dari kejadian tersebut. Lebih mirip ke study kasus. Pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman akan melekat lebih lama dalam ingatan siswa.

IPAS terbilang baru, sehingga tidak banyak ada referensinya. Sementara hanya ada buku resmi dari Kemendikbud yang dikategorikan buku untuk siswa dan satunya lagi untuk guru. Kami sudah memecahkan menjadi beberapa Bab agar lebih mudah untuk mempelajarinya. Silakan bapak/ibu unduh pada bagian bawah.

Materi IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka

NO. MATERI
1 BAB I Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi
2 BAB II Harmoni dalam Ekosistem
3 BAB III Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan
4 BAB IV Berkenalan dengan Bumi Kita
5 BAB V Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh
6 BAB VI Indonesiaku Kaya Raya
7 BAB VI Daerahku Kebanggaanku
8 BAB VIII Bumiku Sayang, Bumiku Malang
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎