Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Materi pembelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas II, difokuskan pada simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila. Guru harus mampu membelajarkan siswa melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan agar memunculkan minat siswa. Terdapat beberapa cerita yang bisa dibacakan oleh guru bersama siswa. Akhirnya siswa dapat memaknai Pancasila melalui pesan moral cerita tersebut.

Siswa juga dapat diberikan lembar kerja peserta didik (LKPD) setiap pertemuannya. Mereka diminta mengerjakan LKPD secara individu maupun kelompok, tergantung dari kepadatan materi dan kondisi peserta didik. Guru dapat memberikan konfirmasi dan penguatan atas pekerjaan siswa pada akhir pembelajaran. Jangan lupa untuk membangun suasana yang nyaman agar siswa berkenan untuk menyampaikan pendapatnya dan tanya jawab.

Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila bukan hanya sekedar memahami nilai-nilai Pancasila, melainkan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Khusus siswa kelas II, dapat diberikan contoh yang berkaitan dengan lingkungan primer seperti keluarga maupun lingkungan lainnya seperti sekolah.

Guru harus mampu menyakini siswa untuk mengenali diri sendiri, identitas, dan kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Hal tersebut menjadikan siswa lebih menghargai diri sendiri dan orang lain. Kemendikbud tidak menyediakan secara official buku Pendidikan Pancasila untuk siswa kelas II. Buku yang tersedia hanya untuk guru.

Tim diaryguru sudah merangkup beberapa bacaan untuk siswa dan guru agar lebih mudah dipahami. Tersedia juga LKPD siswa. Materi untuk satu Pendidikan Pancasila diajarkan melalui 4 bab. Masing-masing Bab memuat beberapa pembelajaran yang dapat disesuaikan oleh guru masing-masing dalam pengajarannya.

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 2 Kurikulum Merdeka

NO. MATERI
1 BAB I PANCASILA DASAR NEGARAKU
2 BAB II MENAATI ATURAN DI SEKITARKU
3 BAB III KITA BERAGAM TETAPI TETAP SATU
4 BAB IV NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎