Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menilai Kebersihan Kelas dan Contoh Form Penilaiannya

Lomba kebersihan kelas. Kelas yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Kebersihan kelas wajib dijaga oleh setiap warga sekolah. Sikap peduli lingkungan salah satunya dapat diwujudkan dalam kebiasaan untuk selalu menjaga kebersihan kelas. Sayangnya, sulit untuk menanamkan karakter peduli terhadap lingkungan kepada siswa. Bahkan ada saja siswa yang tangannya selalu gemar membuang sampah-sampah pembungkus makanan sembarangan. Seolah-olah itu terjadi tanpa adanya rasa takut atau pertimbangan lain sebagai akibat dari perilakunya. Jika hal ini dibiarkan saja tentunya akan memberikan dampak buruk bagi sekolah dan seluruh warganya.
Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa terhadap kebersihan lingkungan, maka beberapa sekolah kerap kali mengadakan lomba kebersihan kelas. Penilaian kebersihan kelas seharusnya memiliki acaun yang jelas. Jika penilaian kognitif (pengetahuan) siswa dinilai dengan tes, maka penilaian kebersihan kelas dinilai dengan cara mengobservasi. Ada beberapa aspek yang harus dinilai untuk memperoleh penilaian yang optimal. Berikut ini kriteria dan penilaian lomba kersihan kelas.

Cara Menilai Kebersihan Kelas

Komponen-komponen yang dinilai dalam kebersihan kelas yaitu

  1. Kebersihan (Kebersihan lantai di dalam kelas, lantai di luar kelas, lemari kelas, meja dan kursi, papan tulis, jendela)
  2. Penataan (Penataan meja guru, meja dan kursi siswa, peralatan kebersihan kelas, ATK)



KETENTUAN LOMBA KEBERSIHAN KELAS

I Mekanisme Lomba: 
  1. Peserta lomba adalah seluruh kelas di SDN 6 Blahbatuh yang berkewajiban untuk membersihkan kelas masing-masing setiap hari
  2. Penilaian kebersihan kelas dilaksanakan setiap hari pada pagi atau siang hari
  3. Peserta yang sengaja mengotori kelas lain maka akan diberikan pengurangan skor yang ditentukan oleh juri
  4. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat


II Kriteria Penilaian: 
  1. Kebersihan (Kebersihan lantai di dalam kelas, lantai di luar kelas, lemari kelas, meja dan kursi, papan tulis, jendela)
  2. Penataan (Penataan meja guru, meja dan kursi siswa, peralatan kebersihan kelas, ATK)


III. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Lomba: 
  1. Tanggal : 14-27 Nopember 2021
  2. Tempat : SDN 6 Blahbatuh (Ruang Kelas I-VI)


IV. Penghargaan:
1. Juara I : Bingkisan I (Buku)

2. Juara II : Bingkisan II (Buku)

3. Juara III : Bingkisan III (Buku)



FORM PENILAIAN 
 KEBERSIHAN KELAS



Bagi yang mau mendapatkan file format doc. agar bisa diedit, silakan tulisan alamat email atau WA kalian pada kolom komentar