Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Pembelajaran Online/Daring

Contoh Laporan Pembelajaran Online/Daring. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi  antara siswa dengan guru dan sumber belajar sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran informasi. Sebelum dilaksanakan pembelajaran, guru merencanakan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk RPP. 

Pelaporan pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru setelah pembelajaran selesai. Guru biasanya melaksanakan pelaporan pembelajaran melalui jurnal harian dengan format (no, hari/tanggal, tema (subtema)/mata pelajaran, materi, tujuan, dan tanda tangan).


Laporan pembelajaran dibuat untuk memudahkan pengawas sekolah melakukan pemantauan terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakan pada satuan pendidikan tertentu. Laporan yang singkat, jelas, dan padat akan memudahkan pembaca memahami pembelajaran yang sudah dilakukan. Umumnya guru membuat laporan pada buku jurnal setiap hari setelah mereka mengajar. 

Pembuatan laporan merupakan salah satu tugas wajib seorang guru. karena dikategorikan sebagai perangkat pembelajaran. Terkadang ada guru yang suka mengajar tanpa menuliskan laporan terkait pembelajaran yang dia lakukan. Hal ini sah-sah saja tetapi ketika pengawas sekolah berkunjung dan meminta laporan, tentu saja guru yang bersangkuran akan repot sendiri. Pembuatan laporan juga merupakan wujud dari nilai akuntabilitas.

Situasi selalu saja berubah tanpa ada seorang pun yang bisa memprediksinya dengan spesifik. Jika terjadi bencana alam maka pembelajaran di sekolah akan terganggu. Hal ini akan mempengaruhi cara pelaporannya. Pihak pengawas tentunya ingin selalu mengetahui keadaan pembelajaran di sekolah binaannya. 

Penggunaan teknologi merupakan solusi dari permasalahan ini, seperti penggunaan fitur-fitur online pada whatsapp, email, dan website. Meskipun sedang terjadi bencana alam, kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan semaksimal mungkin. Pembelajaran online/daring yang dilakukan bisa berupa pemberian tugas yang soalnya terdapat pada buku pelajaran. Memberikan soal langsung ke grup whatsapp siswa, kemudain meminta siswa menjawabnya. 

Menggunakan google classroom maupun good form untuk memudahkan pembelajaran. Pembelajaran online/daring yang dilakukan bisa disesuaikan dengan keadaan siswa termasuk mudah tidaknya dalam mengakses internet. Tidak semua orang dapat menjangkau jaringan internet. Guru pasti tahu pembelajaran yang terbaik untuk siswanya

Berikut ini contoh laporan pembelajaran online/daring selama pandemi COVID-19

Penjelasan :
Pada awal laporan dicantumkan dasar pembuatan laporan online, baik itu surat edaran maupun peraturan yang diterbitkan oleh instansi resmi pemerintahan. Kolom keterangan bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Laporan juga memuat lampiran gambar sebagai bukti bahwa pembelajaran tersebut benar-benar dilaksanakan. Laporan yang baik merupakan laporan yang mudah dipahami oleh pembacanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan file word (doc.) agar bisa diedit, silakan download