Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pengajar Ganesha Operation dan Gajinya

Mahasiswa tingkat akhir sudah mulai memikirkan tentang pekerjaan yang akan dipilih saat tamat kuliah. Bagi mahasiswa jurusan atau prodi kependidikan tentu ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Guru merupakan pekerjaan yang sesuai untuk orang yang bergelar S.Pd. 

Memang terjadi kekurangan guru di beberapa wilayah di Indonesia. Lebih tepatnya terjadi ketidak merataan sebaran guru di sekolah-sekolah. Kebanyakan ingin mengabdi sebagai guru di sekolah yang dekat dengan rumahnya atau di daerah perkotaan. 

Ilustrasi Guru Mengajar

Setiap tahun memang kampus kependidikan menghasilkan ratusan calon guru dari berbagai wilayah yang siap mengabdi untuk daerahnya masing-masing. Jumlah guru yang pensiun terkadang tidak sebanding dengan jumlah calon guru baru (fresh graduate). Terpaksa mereka saling berlomba-lomba untuk bisa diterima mengabdi di sekolah tertentu.

Tidak jarang memang banyak orang dengan gelar S.Pd tidak menjadi seorang guru. Mereka mengganti haluan ke pekerjaan yang memang tersedia atau bahkan lebih menjanjikan. Padahal guru tidak selalu harus di sekolah, bisa saja menjadi guru privat atau guru bimbingan belajar. Jika kalian berpikir bahwa tidak cukup kompeten untuk membuat sekaligus mengelola bimbingan belajar, maka bisa melamar pekerjaan di bimbel yang sudah mapan

Ganesha operation atau yang sering disingkat GO merupakan salah satu bimbingan belajar terbaik di Indonesia. Perusahaan yang kantor pusatnya di Bandung ini telah memiliki banyak cabang dan brand value yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Sisi manajemen yang sistematis dan pengelolaannya juga efektif. Bimbel ini cocok untuk kalian yang ingin belajar menerapkan ilmu selama kuliah dan meningkatkan skill mengajar.

Bagaimana Prosedur Menjadi Guru Ganesha Operation?

1. Menanyakan Lowongan Pekerjaan

Biasanya kalian akan melihat poster-poster tentang lowongan pekerjaan sebagai pengajar GO di tempat bernuansa pendidikan. Itu akan terlihat apabila GO benar-benar membutuhkan tenaga pengajar baru. Poster juga dapat kalian lihat di sosial media yang biasanya akan dibagikan oleh staff GO di grup-grup kampus.

Jangan berkecil hati apabila kalian tidak melihat poster lowongan pekerjaan GO. Bukan berarti GO tidak membutuhkan pengajar baru, sehingga kalian harus mendatangi cabang GO terdekat. Disana kalian bisa bertanya terkait ketersediaan lowongan pekerjaan sebagai pengajar. 

Jika kalian tamatan PGSD kalian tidak akan mengajar tematik, tetapi kalian harus memilih muatan pelajaran yang akan diajar. Tersedia muatan pelajaran PKn, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Jika kalian tamatan pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, dan lainnya maka kalian akan mengajar sesuai dengan bidang di jenjang SMP dan SMA.

Bagi yang belum wisuda jangan pernah takut ditolak karena GO tetap akan memproses kalian sebagai pengajar apabila sudah yudisium (memperoleh surat keterangan lulus). Sangat memungkinkan kalian bekerja sebagai pengajar GO meskipun sudah wisuda.

2. Mengirim Surat Lamaran di Unit GO Terdekat

Apabila kalian sudah mengetahui informasi terkait ketersediaan lowongan pekerjaan di GO, maka segeralah mengirimkan surat lamaran. Biasanya berkas lamaran yang diperlukan adalah Fotocopy KTP dan KK, Surat lamaran pekerjaan (tulis tangan yang ditujukan kepada Kepala Rayon GO), CV, dan Surat Keterangan Lulus (Jika ada). 

Pihak GO sangat fleksibel dalam penerimaan pengajar, sehingga berkas yang kurang bisa kalian kirim saat sudah ada. Berkas yang diperlukan mungkin akan berbeda setiap unitnya sehingga alangkah baiknya kalian menanyakan nomor HP dan WA CS atau pembuat jadwal di GO untuk informasi berkas yang diperlukan.

Kalian harus menunggu hingga dihubungi oleh pihak GO. Ingat untuk selalu mengaktifkan handphone. Selanjutnya harus mengikuti beberapa tahapan seleksi

3. Wawancara dan Tes Tulis

Tahap seleksi di GO adalah wawancara. Pertanyaan yang diajukan sangat sederhana, terkait keseharian kalian. Lokasi sekolah tempat mengajar, kegiatan di saat senggang dan lainnya. Tidak ada pertanyaan tentang teori belajar ataupun pelajaran sekolah.

Jika kalian menyatakan kesediaan untuk mengajar pada waktu yang ditentukan, maka kalian akan lanjut ke tahap tes tulis. Kalian harus menjawab soal yang sudah disediakan dengan tipe soal pilihan ganda dan esai. Jumlah soalnya bervariasi, sekitar 30 soal atau lebih. 

Pertanyaan yang diberikan relatif mudah sesuai dengan bidang yang kita pilih. Usahakan untuk menjawab semua soal yang tersedia, agar kemungkinan lanjut ke tahap selanjutnya tinggi. 

Setelah selesai mengerjakan soal, maka staff GO akan menyampaikan bahwa untuk tahap selanjutnya akan dihubungi lagi lewat telpon atau media lainnya.

Hasil jawaban kalian akan dikirim ke kantor pusat untuk dinilai. Sembari menunggu kalian bisa melakukan kegiatan postitif seperti pengembangin diri dengan belajar skill baru.

4. Tes Mengajar 1 (Micro Teaching)

Kalian ditugaskan mengajar dihadapan salah satu pengajar senior di GO. Seolah-olah pengajar tersebut akan menjadi siswa dan mengamati kalian mengajar. Materi ajar yang disampaikan bebas sesuai dengan muatan pelajaran yang dipilih. Waktu yang disediakan juga terbatas, jangan terlalu cepat dan jangan pula terlalu lama

Kalian akan mengajar menggunakan spidol yang disediakan oleh pihak GO, jadi tidak perlu membawa apapun selain pulpen. Mengajarlah seperti mana kalian mengajar saat praktek dulu. Jangan takut untuk salah dan nikmatilah.

Ketika selesai mengajar, kalian akan diberikan masukkan oleh pengajar senior sekaligus penilai. Pendapat yang diberikan biasanya bersifat membangun agar kelak kita mengajar lebih baik lagi. Kalian bahkan diberikan kesempatan bertanya dan memberikan tanggapan atas saran yang diberikan. 

5. Observasi dan Tes Mengajar 2 (Micro Teaaching)

Jika memungkinkan kalian akan melakukan observasi pembelajaran sesuai SOP GO. Kalian akan duduk selama 1 jam dan mengamati keadaan kelas yang dipenuhi siswa saat seorang guru mengajar. Teknis pembukaan, pengajaran, penutupan harus benar-benar kalian pahami agar nanti bisa kalian implementasikan saat tes.

Sekilas akan sangat menyenangkan berada di kelas sebagai pengamat. Kalian juga tidak akan menyangka waktu berlalu cepat saat ada di ruangan kelas. 

Staff GO akan menugaskan kalian mengajar materi tertentu yang dipilih sendiri oleh Staff. Materi ajar disesuaikan dengan Buku cetak dari GO. Persiapkan diri dengan baik dan ikuti arahan dari pengajar yang pernah memberikan saran dan referensi dari observasi di kelas.

Nilai pada tahap ini akan diakumulasikan dengan nilai tes-tes sebelumnya. Jika kalian lolos maka kalian akan dihubungi untuk tanda tangan kontrak

6. Tanda Tangan Kontrak

Tahapan ini merupakan tahapan terpenting daripada tahap lainnya yang sudah dijalani. Beberapa lembar terkait kontrak selama mengajar di GO harus kalian baca dengan baik per butirnya. Jangan ada sedikitpun poin dari kontrak yang terlewatkan, termasuk poin yang mencantumkan honor mengajar agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.

Ingat ya, buku, materi, dan jadwal mengajar sudah disiapkan oleh pengajar GO. Kalian hanya perlu mengajar saja disana sesuai dengan ketentuan

Jika kalian tidak berkenan tanda tangan kontrak, maka kalian tidak akan menjadi pengajar GO sehingga dikatakan sebagai tahapan terpenting. Sesederhana itu. Jika sudah tanda tangan maka kalian akan menjadi pengajar freelance Ganesha Operation.

Berapa gaji mengajar di GO?

Kalian akan dibayar per pertemuan. Itu tertera jelas pada kontrak yang akan diberikan. Gajinya secara detail dan pengalaman selama mengajar di GO bisa kalian peroleh dengan mengubungi penulis.

Setiap tahun pemerintah memang tidak selalu membuka lowongan CPNS untuk formasi guru. Menjadi pengajar GO merupakan salah satu opsi untuk mengembangkan diri.
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali