Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Soal Online di Blog

Cara Membuat Soal Online di Blog. Blog merupakan platform yang memungkinkan setiap orang bisa membuat website yang bisa diakses oleh siapa pun. Pada website bisa dicantumkan artikel, foto, video, dan dokumen. Era yang sudah berbasis teknologi memungkinkan guru-guru menggunakan blog sebagai media pembelajaran.

Guru menyisipkan materi pembelajaran pada blog yang dibuat. Materi tersebut dapat dikutip dari berbagai sumber di internet maupun buku ajar, kemudian dijadikan satu. Kebanyakan guru memang mencantumkan ringkasan materi agar memudahkan siswa memahaminya.

Tampilan Soal Pada Blog

Penggunaan blog untuk pembelajaran memang menjadikan inovasi tersendiri dalam memberikan pengalaman belajar baru kepada siswa. Selama ini penggunaan teknologi dalam pembelajaran memang minim. Pada kenyataannya teknologi dapat memberikan hasil yang jauh memuaskan apabila digunakan dengan tepat guna.

Proses evaluasi juga bisa dilakukan dengan blog. Sebenarnya google sudah menyediakan layanan google form untuk melaksanakan evaluasi. Guru bisa membuat soal secara online dengan memanfaatkan google form. Bahkan nilai akan muncul pada dasboard pembuat soal.

Ada beberapa kerugian dari penggunaan google form. Siswa tidak bisa menjawab soal lebih dari sekali, karena google sudah merekap IP address dan email yang sudah mengirim jawaban. Keseluruhan soal tidak tampak secara langsung, sehingga menyulitkan siswa mengerjakan soal yang lebih mudah.

Penggunaan Blog untuk mencantumkan soal dapat memberikan mengatasi kekurangan pada google form. Tampilan dan fitur soal dapat disesuaikan dengan kenginan guru. Soal dibuat dengan menggunakan bantuan Javascript. Berikut ini cara membuat soal di Blog

1. Buat Postingan Baru



Klik Postingan, Kemudian Pilih Entri Baru

2. Menuliskan Kode



Sebelum menuliskan kode, maka pilih dulu HTML
Kodenya sebagai berikut:
Kode tersebut dapat diganti sesuai dengan soal yang akan dibuat

Penjelasan Kode JavaScriptnya sebagai berikut:
var numQues = 5;
(Jumlah Pertanyaan)

var numChoi = 4;
 (Jumlah Pilihan Jawaban)

answers[0] = "D. 2 dan a-a-a-a";
(Jawaban Soal No.1)

 form.percentage.value = score + "%";
(Hilangkan tanda persen jika kalian nilai akhir bukan prosentase)

1. Puisi tersebut terdiri dari....bait dan rimanya.....<br />
(Soal No.1)

<input name="q1" type="radio" value="A. 1 dan a-a-a-a" />A. 1 dan a-b-a-b<br />
A. 1 dan a-a-a-a (Kode Jawaban)
A. 1 dan a-b-a-b (Pilihan Jawaban yang terlihat)

3. Pilih Publikasikan


Itulah penjelasan singkat tentang penggunaan kodenya, silakan hubungi admin melalui fitur Contact apabila ada hal yang kurang jelas
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎