Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Judul Penelitian Pendidikan di Tengah Pandemi

Mahasiswa semester akhir memiliki kewajiban membuat skripsi. Hal yang menjadi dilema tentu menentukan judul skripsi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan judul skripsi seperti masalah yang diteliti dan kemungkinkan penelitian tersebut dapat dilakukan.


Penelitian jenis eksperimen yang biasanya menghiasi jurnal pendidikan sudah tidak bisa dilakukan lagi. Situasi di tengah pandemi yang menjadi penyebabnya. Pergerakan masyarakat secara umum menjadi terbatas, termasuk di dunia pendidikan. Perlakuan yang dibutuhkan selama menjalani penelitian eksperimen tidak bisa dilakukan.

Penelitian yang mungkin bisa dilakukan selama pandemi COVID-19 adalah jenis penelitian ex post facto dan pengembangan. Penjelasan detail tentang kedua jenis penelitian tersebut bisa diperoleh di buku metodologi penelitian.

Berikut ini rekomendasi Judul Penelitian Pendidikan jenis ex post facto

  1. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
  2. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa
  3. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa
  4. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru
  5. Hubungan Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa
  6. Hubungan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru

Berikut ini rekomendasi Judul Penelitian Pendidikan jenis pengembangan

  1. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika 
  2. Pengembangan Media Gambar Berseri
  3. Pengembangan Media Animasi Berbasis Android
  4. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
  5. Pengembangan Permainan Kartu Gambar
  6. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Penambahan lokasi penelitian dapat dilakukan pada judul. Perhatikan metode pengumpulan data saat memilih variabel tertentu. Misalnya variabel Gaya Kepemimpinan, kalian harus paham cara untuk mengetahui gaya kepemimpinan. Entah itu melalui angket atau cara lainnya.

Jangan lupa untuk meminta saran dan pendapat dari masing-masing dosen pembimbing. Gunakan cara yang baik dan sopan. Jangan samakan dosen pembimbingmu dengan teman-teman yang biasanya kalian temui di kampus.

Banyak tahap yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan skripsi sampai tahap akhir. Mulai dari pemilihan judul sesuai dengan permasalahan di lapangan. Menyusun proposal penelitian. Sidang Proposal.Mengumpulkan dan menganalisis data. Menyusun skripsi. Sidang Skripsi. Menyusun jurnal penelitian

Tips agar skripsi kalian cepat selesai yakni rangkulah teman-teman yang jenis penelitiannya sama atau variabel penelitian serupa. Kalian bisa saling sharing dan membantu menyelesaikan permasalahan yang muncul selama pembuatan skripsi. Jika jenis penelitiannya sama, maka analisisnya juga sama.

Rasa malas adalah musuh utama mahasiswa tingkat akhir. Niat sudah dikumpulkan tapi actionnya tidak pernah ada. Selalu ada hal-hal yang mendistraksi mengerjakan skripsi seperti bermain game, menonton film terbaru, scroll timeline sosial media, dan kegiatan lainnya yang jauh lebih menyenangkan.

Ingatlah bahwa orang tua kalian sudah bersusah payah membiaya kuliah kalian. Jangan buang waktu dan usaha mereka. Yakinkan diri untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu agar kalian tidak menyesal dikemudian hari.