Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Plagiat Pada Skripsi dan Makalah

Cara Mengecek Plagiat Pada Skripsi dan Makalah. Makalah merupakan karya tulis yang memuat pembahasan tentang suatu topik tertentu. Tidak jarang memang siswa jenjang pendidikan menengah pertama ataupun atas ditugaskan membuat makalah. Terkadang dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok

Mahasiswa bahkan memiliki kewajiban menyusun makalah pada hampir semua mata kuliah. Demi memperoleh gelar sebagai tanda tamat kuliah, seorang mahasiswa harus menyusun skripsi. Penelitian yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari selama menempuh perkuliahan.

Pembuatan skripsi harus menjunjung tinggi originalitas. Boleh saja kita menggunakan pendapat orang lain seperti para ahli, tetapi harus mencantumkan nama orang yang bersangkutan. Istilahnya adalah mengutip. Banyak terdapat teknik dalam mengutip seperti kutipan langsung, kutipan tidak langsung, kutipan panjang, kutipan pendek, kutipan dari jurnal, kutipan dari buku, dan lainnya.

Seseorang tidak boleh sembarangan mencantumkan kalimat maupun paragraf yang sudah disusun oleh orang lain. Terlebih mengklaim karya seseorang sebagai miliknya. Memang kita tidak boleh seutuhnya menyusun skripsi menggunakan pemikiran pribadi. Keabsahan penelitian untuk kepentingan skripsi akan dipertanyakan.

Mahasiswa yang akan menamatkan pendidikan Srata-1 dianggap kurang berkompeten dalam menghasikan karya penemuan baru yang berguna bagi khalayak orang banyak. Mereka hanya akan melakukan penelitian yang serupa dengan yang sudah ada. Memperkuat hasil penelitian-penelitian pendahulunya.

Skripsi yang disusun harus didasari oleh teori yang kuat. Baik itu berasal dari buku dan tentu yang paling baik berasal dari jurnal penelitian yang relevan. Peneliti atau mahasiswa hanya menguji hasil penelitian sejenis di lokasi yang berbeda dengan waktu yang beda pula.

Hindari tindakan plagiasi karena akan berbahaya bagi diri kalian dan institusi. Jika pihak kampus mengetahui kalian melakukan plagita, maka kelulusan kalian akan dibatalkan. Bahkan jika dideteksi dini akan dilarang melakukan ujian skripsi hingga akhirnya di DO.

Cara Mengecek Plagiat Pada Skripsi dan Makalah

1. Mengunjungi situs https://plagiarismdetector.net/id



2. Copy Bagian yang akan Dicek

Maksimal kata yang dapat dicek adalah 1000 kata. Skripsi terdiri dari banyak kata dalam beberapa BAB. Agar bisa mengecek originalitas keseluruhan isi skripsi, kalian bisa copy paste beberapa bagian secara bertahap.

3. Klik Periksa Plagiarisme


Tunggu beberapa saat. Jika kata yang kalian masukkan banyak, maka akan lama menunggu begitu juga sebaliknya. Jika sudah 100% maka akan muncul prosentase kata-kata tersebut unik atau plagiat. Biasanya jika terdeteksi plagiat, akan muncul sumber-sumber situs yang sudah memuatnya terlebih dahulu
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali