Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kompetensi Dasar SD untuk Kondisi Pandemi Covid-19

Download Kompetensi Dasar (KD) SD untuk Kondisi Pandemi Covid-19. Kultur pembelajaran di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan selama masa pandemi. Banyak kebiasan-kebiasaan baru yang harus bisa diterima dan diimplementasikan.


Kompetensi Dasar yang sudah ditentukan sebelumnya juga harus disederhanakan. Pembelajaran daring menuntut agar instruksi pembelajaran oleh guru bisa disingkat sesuai dengan kebutuhan. Intinya agar siswa tetap belajar dengan meminimalisir rasa stress.

Tujuan pembelajaran tentu bermuara pada kompetensi dasar yakni kemampuan minimal yang harus dikuasai siswa. Pihak Kementerian Pendidikan sadar bahwa dalam situasi yang tak biasa seperti sekarang, sangat sulit mengejar Kompetensi Dasar yang dulu sudah dirumuskan.

Melalui penyederhanaan Kompetensi Dasar di jenjang Sekolah Dasar, guru diharapkan lebih bijak lagi dalam melaksanakan pembelajaran. Tidak membebani siswa dengan banyak tugas-tugas yang sebenarnya dapat dipilah agar tetap berada pada esensial pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran yang dinamis menjadikan guru bebas berkreasi dengan tetap mengacu dengan perkembangan peserta didik. Seperti contohnya memberikan tugas sederhana bagi siswa yang masih kelas rendah.


Silakan kalian download sesuai dengan kelas masing-masing. Tersedia untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Muata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasamani, Olahraga dan Kesehatan, dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Konghucu dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, dan Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Seni Budaya dan Prakarya

Kompetensi Dasar memang sudah ada di Buku Tema Guru masing-masing jenjang kelas. Kalian bisa menggunakan Kompetensi Dasar yang baru untuk diterapkan dalam pembelajaran. Apabila sudah terlanjur membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan KD yang dulu juga tidak apa-apa. Yang terpenting tentu implementasikan pembelajarannya secara langsung
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎