Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Situs Web Belajar Bahasa Inggris Gratis

Kemampuan bahasa inggris yang mumpuni dibutuhkan oleh setiap orang untuk memperoleh peluang sukses yang lebih tinggi. Kesempatan kamu dalam mengembangkan diri pun semakin meningkat. Banyak literature bagus nan berkualitas yang menggunakan bahasa inggris.

Dunia yang semakin maju dan dinamis ini, meniadakan sekat antar negara. Kita dengan leluasa dapat berinteraksi dengan masyarakat global lainnya dari berbagai belahan dunia. Mayortias bahasa yang mereka gunakan adalah english sebagai bahasa international.

Sejak kecil ternyata kita sudah dibiasakan belajar bahasa lain selain indonesia. Indonesia terdiri dari banyak daerah dengan beragam budayanya. Salah satu keanekaragamannya adalah bahasa daerah. Oleh sebab itu mari kita belajar bahasa inggris sebagaimana kita belajar bahasa daerah sendiri. Kunci utamanya tentu pembiasaan.

Situs Web Belajar Bahasa Inggris Gratis

Berikut ini web belajar bahasa inggris yang tidak memungut biaya apapun alias gratis

1. Englishpage.com

Situs ini menyajikan tampilan yang sederhana, ringan, dan user friendly. Petunjuk yang tersedia pun hanya dalam bahasa inggris. Tentu ini akan menantang kalian untuk lebih bekerja keras belajar. Pelajar SMP hingga orang dewasa direkomendasikan menggunakan web ini. Siswa SD tidak cocok menggunakan layanan ini karena tidak ada gambar yang menarik.

englishpage.com
englishpage.com

Kalian bisa belajar secara otodidak sesuai dengan keinginan masing-masing. Jika kalian merasa kosa kata kalian kurang kalian bisa melatih vocab. Jika grammar kalian lemah, maka kalian bisa melatihnya disini.

Fitur utama layanan web ini yaitu

  1. Verb Tenses
  2. Vocabulary
  3. Preposition
  4. Grammar Book
  5. Weekly Lesson
  6. English Forums

Pembelajaran bahasa inggris lanjutan sangat lengkap. Bisa menjadi modal yang bagus dalam melakukan percakapan sehari-hari. Skill tentang tata bahasa inggris kamu akan meningkat pesat, apabila belajar serius melalui situs web ini.

Aspek kebahasaan yang bisa kamu pelajari yakni readingwriting, listening, dan speaking. Terdapat beberapa ringkasan materi yang seharusnya memudahkan kamu mempelajarinya tahap demi tahapan secara berkesinambungan dan sistematis

Verb Tenses Chart
Verb Tenses Chart

Quiz
Kalian bisa melatih listening dengan Listening Lounge ➜ Pilih antara National Public Radio dan BBC Online.

Tersedia juga layanan Game bernama Popwordly dengan tiga tingkat kesulitan yakni Beginner, Intermediate, dan Advanced.

Yang ditekankan pada web ini adalah Grammar dan Vocabolary

2. Learningenglish.voanews.com

Kita dapat belajar bahasa inggris sesuai dengan tingkatan. Pembelajaran dibagi menjadi beberapa bagian Lesson. Prinsip dasar dari web ini adalah learning by watching. Tersaji beberapa video yang menjelaskan materi setiap bagiannya.

learningenglish.voanews.com

Fitur utama layanan web ini yaitu

  1. How to Pronounce
  2. Talk2Us
  3. News Words
  4. Ask a Teacher
  5. The Day in Photos
  6. Test Your English

Dibawah video dituliskan secara lengkap Topic (Topiknya), Learning strategy (Strategi pembelajaran), Preparing Before Class (Hal yang disiapkan sebelum belajar), Goal (Tujuan). Tersedia juga Speaking Practice yang memungkinkan kalian untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa inggris.

Kalian akan ditugaskan untuk membaca kata atau kalimat yang muncul pada subtitle video. Meniru sama persis dengan yang kalian didengarkan. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik kalian bisa merekam suara yang kalian dihasilkan, kemudian dicross check dengan suara yang ada pada video.

Tersedia juga Pronunciation yang membantu kalian mengecek pelafalan. Caranya?

Kalian akan disajikan Slow speech (pelafalan kalimat yang lambat) kemudian Fast speech (pelafalan kalimat yang dengan). Jadi kalian tidak heran lagi apabila seorang native speaker berbicara cepat, seolah kata yang mereka ucapkan tidak sesuai dengan tulisannya. Hal ini wajar saja karena ada peluruhan bunyi tertentu dalam pengucapannya.

Pada akhir lesson terdapat percakapan dilengkapi teksnya. Memudahkan kalian belajar conversation yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Yang ditekankan pada web ini adalah Listening dan Speaking

3. Examenglish.com

Situs ini ditujukan kepada orang yang bahasa inggrisnya sudah bagus. Cocok untuk kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk mengahadapi ujian bahasa inggris entah itu TOEFL, IELTS, TOEIC, dan lainnya.

Kalian juga bisa mengecek level kemampuan bahasa inggris disini. Terdapat enam tingkatan levelnya, mulai dari Breakthrough, Waystage, Threshold, Effective Operational Proficiency, hingga Mastery. Aspek yang bisa dinilai yakni Grammar and Vocabulary dan Listening.

Orang-orang diluar sana mungkin menghabiskan banyak uangnya demi bisa melakukan tes bahasa inggris. Namun, dengan layanan tes pada web ini kalian bisa melakukan tes secara gratis. Jangan sia-siakan kesempatan ini.

Jika pada awalnya hasil yang didapatkan kurang memuaskan, kalian bisa terus berlatih agar mahir dan mencapai level yang diinginkan.


Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎