Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Skip Video Pada Program Guru Belajar

Cara Mempercepat Video Pada Program Guru Belajar. Program guru belajar diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kali ini diselenggarakan dalam seri Masa Pandemi Covid-19. Pola yang digunakan adalah fleksibel, lebih mudah, lebih menantang, dan lebih kolaboratif

Program guru belajar terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama adalah Bimtek yang bisa diikuti oleh Kepala Sekolah, Pengawas, Widyaiswara dan Guru semua mapel, jenjang serta jenis pendidikan. Tahap kedua adalah Diklat, diikuti oleh guru yang telah menyelesaikan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70. Tahap ketiga adalah pengimbasan, diikuti oleh peserta yang telah tuntas Tahap 2.


Sebelum memulai tahap pertama, para peserta ditugaskan menonton beberapa video orientasi. Orientasi program tersebut membekali peserta dengan latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.

Pada tahap dua, guru juga ditugaskan menonton sejumlah video terkait pengalaman mengajar selama pandemi. Sebagian besar guru mungkin memiliki waktu yang terbatas untuk mengikuti program guru mengajar. Mengingat guru harus tetap mengajar secara daring atau luring serta mengurus keluarga (bagi yang sudah menikah).

Demi mengefisienkan waktu. Video tersebut sebenarnya bisa diskip atau dipercepat agar kita bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Sumber video tersebut sebenarnya adalah youtube. Apabila situs guru belajar diakses menggunakan smartphone mungkin cara ini tidak bisa dilakukan. Alangkah baiknya kalian beralih menggunakan laptop.

Cara Skip Video Pada Program Guru Belajar

1. Pilihlah Video yang akan ditonton 

Kemudian klik tombol play untuk memotar video

2. Tekan tombol tanda arah ke kanan pada keyboard


Hasilnya

Cara ini bertujuan untuk mempercepat pemutaran video


3. Terus tekan tombol tanda arah ke kanan


Tujuannya agar videonya lebih dipercepat. Lalu tekan tandai sudah selesai untuk mengakhiri.


Sekian informasi yang bisa disajikan. Semoga Bapak dan Ibu Guru bisa dengan bijak menggunakan cara ini. Tetap bersemangat untuk mengikuti program Guru Belajar. Silakan baca juga materi dasar serial pembelajaran di tengah pandemi

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎