Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Kuliah Jurusan PGSD

 Buku sangat diperlukan demi memperoleh ilmu. Begitu pula ketika sudah duduk di bangku kuliah. Buku dibutuhkan untuk menunjang proses perkuliahan. Terkadang dosen akan memberikan rekomendasi buku yang akan digunakan selama belajar mata kuliah tertentu.

Beberapa dosen memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mencari sumber belajar secara mandiri. Namun, masih seputaran mata kuliah yang dipelajari. Mahasiswa dapat pergi ke toko buku terdekat atau meminjamnya langsung dari kakak kelas yang sudah tidak menggunakan buku yang bersangkutan.

Buku yang digunakan dapat berupa hardcopy (fisik) atau softcopy. Buku yang sudah dalam bentuk fisik dapat dibawa dan dibaca kapan saja. Buku yang dalam bentuk softcopy juga bisa diakses dengan mudah asalkan ada device seperti smartphone atau laptop.

Jurusan PGSD merupakan jurusan yang tamatannya menjadi guru di sekolah dasar. Banyak yang mungkin akan bingung tentang jurusan ini. Jika mengajar di SD, apakah cukup dengan belajar materi anak SD saja? Tentu saja tidak.

Bila kalian masuk jurusan PGSD, kalian akan mempelajari psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, landasan pendidikan SD dan ilmu pedagogik lainnya. Bahkan mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan PKn.

Kelima mata pelajaran tersebut tidak semudah pelajaran SD. Misalnya saja matematika. Materi yang akan dipelajari mencangkup logika, mod, trigonometri dan cara-cara membelajarkan materi SD. 

Mungkin sewaktu dulu kita masih duduk di bangku sekolah dasar banyak teman-teman yang tidak paham materi SD. Kalian tahu penyebabnya? Banyak faktor, diantaranya karena kurang sistematisnya guru mengajarkan materi Matematika.

Cara mengajarkan matematika kepada anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Namun, sayangnya dulu kita tidak mendapatkan perlakuan semestinya sesuai dengan perkembangan usia.

Buku yang disajikan ini dari Kementerian Pendidikan Tinggi. Buku bahan ajar PJJ S1 PGSD ini tidak hanya berisi materi kajian, tetapi juga pengalaman belajar yang dirancang untuk dapat memacu mahasiswa untuk dapat belajar secara aktif, bermakna, dan mandiri.

Buku ini dikembangkan oleh Konsorsium PJJ S1 PGSD yang terdiri dari 23 Perguruan Tinggi (PT). 

  1. Kajian Bahasa Indonesia di SD
  2. Kajian IPS SD
  3. Kapita Selekta
  4. Manajemen Berbasis Sekolah
  5. Pembelajaran Bahasa Indonesia
  6. Pembelajaran Kelas Rangkap
  7. Pemecahan Masalah Matematika
  8. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
  9. Pendidikan Hak Asasi Manusia
  10. Pendidikan IPA
  11. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  12. Pendidikan Multikultural
  13. Pendidikan Seni
  14. Penelitian Pendidikan
  15. Pengembangan Bahan Pembelajaran
  16. Pengembangan IPS SD
  17. Pengembangan Kurikulum SD
  18. Pengembangan Pembelajaran IPA SD
  19. Pengembangan Pembelajaran Matematika
  20. Pengembangan Pendidikan IPS
  21. PKn
  22. Pratikum IPA
  23. Profesi Keguruan
  24. Sosiologi Pendidikan
  25. Statistika Pendidikan
  26. Strategi Pembelajaran

Yang tersedia di download adalah buku nomor 1 sampai 10.

DOWNLOAD

Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Seorang pendidik di salah satu sekolah dasar Kab. Gianyar, Bali