Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logika Bahasa

Pengertian Logika Bahasa

Logika bahasa adalah logika yang berpijak pada data kebenaran dari bahasa yang digunakan. Logika ini mengacu pada susunan bahasa yang digunakan untuk menentukan benar salahnya suatu kejadian.
 

Bahasa adalah alat yang berperan penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala ilmu yang ada dipublikasikan dan dipindai melalui bahasa, sehingga semua orang bisa memperolehnya. Bahasa menjadi sarana berfikir ilmiah dalam rangka mengembangkan pengetahuan maupun teknologi.

Jenis-jenis Logika Bahasa

1. Logika Bahasa Audio

Bahasa yang objek kajiannya berupa suara, nada, intonasi, frekuensi, dan tinggi rendahnya suara. Suatu kejadian ditentukan nilai kebenarannya dengan mempertimbangkan aspek tersebut. Misalnya, apabila manusia mendengar suara hewan melolong, maka dia seharusnya mengatakan itu serigala bukan kucing. Apabila ada temannya mengatakan bahwa hewan itu kucing, maka dia dengan tegas menyalahkannya kecuali dia tidak pernah mengenali suara lolongan serigala.

2. Logika Bahasa Visual

Bahasa yang objek kajiannya berupa gambar, warna, cahaya, dan kejelasan pandang. Misalnya, saat melihat tanah maka yang ada dibayangan manusia pasti berwarna hitam atau cokelat. Mungkin bisa memiliki warna beragam apabila diberikan zat tertentu. Tapi menurut akal sehat tanah memiliki warna alami yang disebutkan tadi.

3. Logika Bahasa Fisik

Bahasa yang objek kajiannya berupa sentuhan, cengkraman, pukulan dan tendangan. Misalnya ada kucing yang tidak-tiba mencengkram tangan manusia, maka munusia yang bersangkutan sudah pasti berpikir hewan tersebut memiliki kuku.

4. Logika Bahasa Perasaan

Bahasa yang obejek kajiannya berupa kontak yang mampu menumbuhkan rasa. Apabila ada helusan maka akan tumbuhnya perasaan senang dan kasih sayang. Perlakuan kasar akan memunculkan perasaan benci. Misalnya apabila kita melihat teman kita memperlakukan kita kasar maka perasaan tidak suka muncul. Kita tidak bisa mengatakan bahwa kita menyukai teman tersebut.

Logika penting digunakan dalam mencari kebenaran dengan mempertimbangkan berbagai hal dari beraneka sudut pandang. Masih banyak jenis logika-logika lainnya selain logika bahasa. Pada dasarnya, semua prinsipnya sama
Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎