Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Poster Kesepakatan Kelas

Poster merupakan media grafis yang memuat tulisan dan gambar dengan tujuan memberikan informasi atau mengajak seseorang melakukan sesuatu. Poster banyak ditempel di tempat-tempat umum, bahkan e-poster dapat dikirim secara online ke sosial media.

Kesepakatan kelas perlu dibuat dan disusun bersama oleh guru dan siswa. Kesepakatan tersebut nantinya akan ditaati oleh semua anggota kelas. Kebiasaan yang baik tentunya perlu ditanamkan sejak dini melalui kegiatan-kegiatan yang rutin. 

Setelah kesepakatan kelas dibuat, maka guru perlu membuatkan poster. Poster tersebut membuat poin-poin penting hasil kesepakatan yang dibuat. Ilustrasi yang menarik harus dicantumkan pada poster untuk menstimulus rasa ingin tahunya.

Pembuatan poster SD, SMP, dan SMA dapat dilakukan menggunakan berbagai platform seperti corel draw, photoshop, dan bahwkan canva. Design yang dibuat harus minimalis dan mudah dibaca. Kesepakatan kelas yang disusun oleh tim diaryguru meliputi masuk kelas tepat waktu, mendengarkan penjelasan guru, menjaga kelas tetap bersih dan rapi, bicara yang sopan dan baik, saling membantuk, dan mengingatkan teman jika melakukan kesalahan.

Poster kesepakatan kelas dapat ditempel dalam ruangan kelas pada sisi yang mudah diakses maupun dilihat oleh siswa. Apabila terdapat siswa yang menunjukkan sikap yang menyimpang, maka ingatkan hal-hal yang termuat pada poster. Semoga kebiasaan baik siswa dapat dikontruksi sehingga kondisi kelas menjadi kondusif dan tujuan pendidikan dapat tercapai.



Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎