Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar PjBL Kurikulum Merdeka

Modul ajar merupakan pengistilahan baru pengganti RPP. Esensialnya masih tetap sama yakni memuat rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Komponen rancangan tersebut tidak jauh berbeda. Secara umum memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang berlaku saat ini. Terdapat beberapa model pembelajaran yang selaras dengan kurikulum tersebut. Salah satunya adalah model pembelajaran yang berbasis projek atau PjBL. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk membelajarkan topik lintas mata pelajaran.

Mata pelajaran bahasa Indonesia dapat digabung dengan mata pelajaran matematika yang dikemas dalam satu topik pembelajaran. Awalnya siswa diminta pendapatnya terkait solusi yang memungkinkan untuk mengatasi masalah kontektual. Solusi terbut diinterpresentasikan dalam sebuah proyek yang dikerjakan secara bertahap.

Pada program PPG, terdapat mahasiswa yang disarankan oleh dosen atau guru pamong untuk membelajarkan siswa menggunakn modul ajar PjBL. Tentunya untuk melaksanakan hal tersebut, harus dibuatkan dulu perencanaan pembelajaran yang dituangkan dalam modul ajar.

Kami diaryguru, menyediakan contoh salah satu modul PjBL pada kelas IV jenjang sekolah dasar. Modul tersebut dapat diadaptasi sesuai dengan keperluan. Ide proyek dapat dieksplorasi sesuai dengan kelas yang diampu. Pada satu file modul terdapat modul ajar, LKPD, bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian




Made Ary Aditia
Made Ary Aditia Pernah menjadi pengajar di salah satu sekolah dasar Kota Denpasar ❤︎